Indra Yasin Komitmen Kembangkan Kesenian Tradisional - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Indra Yasin Komitmen Kembangkan Kesenian Tradisional

REPUBLIKPOS (GORUT) – Bupati, Indra Yasin, MH berkomitmen menumbuhkembangkan kesenian tradisional yang terpendam ditengah-tengah masyarakat seperti tarian kesenian tradisional khas daerah Gorontalo.

“Kita akan mendorong masyarakat untuk menggelar kegiatan-kegiatan kesenian tradisional seperti tarian Gorontalo, Baca Puisi dengan bahasa Gorontalo, pantun daerah Gorontalo, dan kesenian tradisional lainnya. Sehingga kesenian tradisional yang saat ini sudah jarang didengar dan diperlombakan akan kembali dikenal oleh masyarakat. Kita semua berharap kesenian tradisional ini tetap dikenal masyarakat Gorontalo sebagai simbol dan ciri khas masyarakat Gorontalo yang selalu menjunjung tinggi adat dan tradisi,” tegas Bupati usai dimintai keterangan pada acara kegiatan Pembukaan Festival Pesona Saronde (FPS) 2018 beberapa waktu lalu yang juga menampilkan sejumlah atraksi dan tarian tradisional daerah masing-masing daerah tamu undangan.

Lebih lanjut Bupati Indra Yasin menambahkan bahwa dalam setiap acara seremonial pemerintahan daerah dalam menyambut tamu dari Kementerian perlu disuguhkan dengan seni tarian tradisional khas daerah Gorontalo dan kesenian tradisional lainnya dijadikan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan moral, pembangunan bahkan pesan-pesan kritikan kepada pemerintah.

Kegiatan kesenian pada jaman dulu dijadikan sebagai hiburan yang sangat diminati oleh masyarakat sehingga setiap ada kegiatan kesenian dibanjiri ratusan masyarakat dari berbagai desa.

“Karena perkembangan tehnologi yang semakin hari semakin cangggih seperti hadirnya TV, komputer, game, HP dan tehnologi lainnya maka kesenian tradisional ini sudah tidak diminati lagi masyarakat. Olehnya, tarian seperti ini mari kita lestarikan dan dijadikan sebagai sarana menyampaikan pesan-pesan melalui pantun. Saat ini saya berharap ada kritikan yang sifatnya membangun yang disampaikan melalui pantun atau kesenian tradisonal lainnya. Dan dengan demikian pemerintah daerah akan mengambil kebijakan dan menindak lanjuti kritikan tersebut”, tegas Bupati.(Kronologi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top