Mantan Kades Juriati Diduga Selewengkan Dana Desa - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Mantan Kades Juriati Diduga Selewengkan Dana Desa

REPUBLIKPOS (GORUT) – Kembali gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) didatangi oleh sejumlah masyarakat yang kali ini dari Desa Juriati Kecamatan Monano yang mengadukan dugaan penyelewengan dana desa yang diduga dilakukan oleh mantan kepala desa sebelumnya.

Kedatangan masyarakat tersebut langsung diterima oleh Komisi I DPRD Kabupaten Gorut di ruang sidang dan langsung digelar dialog agar masyarakat secara leluasa menyampaikan apa yang menjadi aduan mereka.

Terungkap dalam dialog tersebut, masyarakat menyapaikan bahwa ada dugaan penyelewengan penggunaan dana desa dan juga dana lainnya yang diduga dilakukan oleh manta kepla desa Juriati. “Sejumlah program pembangunan desa yang dilaksanakan sebelumnya oleh mantan kepala desa kami, itu tidak selesai hingga saat ini” ungkap Jamwa Marwan Kuka.

Dihadapan para aleg Komisi I, ibu tersebut melanjutkan bahwa program bantuan seperti pembangunan rumah mahyani dan juga pembangunan lainnya itu banyak yang tidak selesai pekerjaannya. “Bahkan kami menduga ada dana untuk Gapoktan itu disinyalir juga disalah gunakan dan tidak ada kejelasannya” tegas warga.

Tidak hanya mantan kades juga yang disoroti oleh warga, namun kinerja dari Inpektorat Pemda Gorut juga turut dipertanyakan. Menurut warga, pihak Inspektorat ketika datang mengaudit hanya mendatangi rumah bendahara desa dan setelahnya menunggu di rumah makan. Masyarakat meminta pihak Inspektorat untuk benar-benar melakukan audit terhadap pemanfaatan dana desa tersebut.

Terhadap aduan masyarakat tersebut, anggota Komisi I DPRD Kabupaten Gorut, Ridwan R. Arbie menegaskan bahwa aduan tersebut pastinya akan ditindak lanjuti oleh pihaknya, karena hal tersebut merupakan hal yang penting dan wajib. “Pekan ini akan kami tindak lanjuti dengan menggelar rapat dengar pendapat dan akan mengundang pihak-pihak terkait lainnya baik itu OPD maupun pihak lainnya. Dan yang menjadi pokok aduan warga tadi yakni dugaan penyelewengan dana desa tahun 2016 dan 2017 di Desa Juriati” pungkasnya.

 

Penulis: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top