Bupati Indra Hadiri Mukernas SI Ke-II Di Purwakarta - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Bupati Indra Hadiri Mukernas SI Ke-II Di Purwakarta

REPUBLIKPOS (PURWAKARTA) – Bupati Gorontalo Utara Dr. HI. Indra Yasin, MH yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Syarikat Islam (DPW SI) Provinsi Gorontalo menghadiri Acara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) SI ke-II yang dirangkaikan dengan Milad SI yang ke-113 yang dipusatkan di Taman Rusa Syarikat Islam Purwakarta, Kawasan Bumi Perkemahan Syarikat Islam H. Agus Salim, Desa Ciwareng, Kecamatan Babakan Cikao, Purwakarta, Selasa (16/10) kemarin.

Bupati Indra yang hadir bersama Dewan wilayah SI Provinsi Gorontalo Rustam Akili, Sekretaris Wilayah Helmi adam, Wakil ketua Yusuf Puhi dan Wakil ketua II Thoriq Modanggu ini mengikuti mukernas SI selama II hari yang dibuka dengan resmi oleh Menkopolhukam Wiranto mewakili Presiden Joko Widodo.

Dalam sambutan Presiden, Wiranto menyampaikan semangat persatuan dan semangat untuk memberikan toleransi yang dimiliki Syarikat Islam harus dapat diwarisi oleh generasi sekarang.

“Syarikat Islam pada awal berdirinya berkontribusi pada negeri ini, dengan mengambil bagian dalam menyatukan berbagai kelompok masyarakat, etnik, dan berbagai agama untuk masuk dalam bingkai NKRI. Tentu itu adalah sumbangan yang luar biasa dari Syarikat Islam,” ucapnya.

Mantan Panglima ABRI itu juga mengatakan, spirit Haji Agus Salim sebagai tokoh pendiri SI harus kita ambil untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu.

Pada kesempatan itu pula, Ketua Pimpinan Pusat (Lajnah Tanfidziyah) Syarikat Islam (SI) Hamdan Zoelva menyampaikan bahwa tujuan utama Organisasi SI bagaimana membentuk masyarakat yang adil dan makmur melalui Program Dakwah Ekonomi, ekonomi syarikat, dan itu harus dapat dicapai jika bangsa ini punya kesadaran untuk bersatu, dalam kesatuan membangun ukhuwah.

Sementara itu, DPW SI Provinsi Gorontalo, Bupati Indra Yasin usai mengikuti kegiatan Mukernas Milad SI ke-113 menyampaikan kegiatan Musyawarah Kerja Nasional SI membahas tentang program-program riil yang  segera harus diwujudkan sebagai  pengimplementasian Program  dalam gerakan Dakwah Ekonomi. Kemudian, mengevaluasi perkembangan  organisasi pada semua tingkat  keorganisasian sesuai program  konsolidasi  organisasi  SI di setiap wilayah yang ada di seluruh Indonesia.

“ya, kami (Ketua SI semua wilayah) sudah menyampaikan Perkembangan SI di Daerah masing-masing. Intinya kami membahas sekaligus memberikan rekomendasi tentang program Ekonomi kerakyarat. Jika bicara sejarah ekonomi kerakyatan, Memang sejak tahun 1905 gerakan ekonomi kerakyatan yang berbasis syarikat dagang islam sudah dibangun tokoh pejuang kita, HOS Djokroaminoto. Sehingga dari sejarah tersebut juga pimpinan SI membangun Bumi perkemahan khusus SI KH. Agus salim yang diresmikan oleh Presiden RI yang diwakili Oleh Pak Wiranto”, jelas Bupati Indra Yasin.

Dalam Mukernas SI ini pula, SI telah mengambil sikap sebagai Independen terkait Pileg maupun Pilpres 2019 mendatang. Karena fokus organisasi yakni Memperhatikan ekonomi kerakyatan kecil, Industri maupun koperasi. Sehingga tujuan organisasi yakni Membangun ekonomi masyarakat yang adil dan makmur bisa terwujud.
Bupati berharap melalui Mukernas ini seluruh pengurus SI dapat tetap menjaga semangat nasionalisme, semangat ukhuwah Islamiah, watoniah, dan semangat untuk terus membangun persatuan bangsa. (hms)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top