Diberhentikan Camat Tanpa SK, Mantan Sekdes Mengadu ke DPR - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Diberhentikan Camat Tanpa SK, Mantan Sekdes Mengadu ke DPR

LIMBOTO (REPUBLIKPOS) – Pemecatan yang dilakukan Camat Asparaga terhadap Sekretaris Desa Bihe berbuntut panjang. Yahya Hemeto selaku Sekretaris Desa Bihe yang sebelumnya dipecat oleh Camat Asparaga, Hasyim Rifai, Senin (30/7/2018) mengadukan hal ini ke DPRD Kabupaten Gorontalo.

Saat diterima oleh Komisi I DPRD Kab. Gorontalo, Yahya menceritakan kronologi pemecatan dirinya. Dimana dalam aduannya, terungkap pemecatan terhadap dirinya dilakukan tanpa adanya Surat Keputusan (SK) dan hanya melalui penyampaian pada saat sambutan pada kegiatan evaluasi kinerja di Kantor Desa Bihe.

“Entah apa yang saya lakukan, tanpa alasan yang jelas saya dipecat camat,” Ucap yahya kepada beberapa anggota DPR yang berada diruangan Komisi I.

Mirisnya lagi, setelah dicopot tanpa adanya SK pemberhentian, pada Rabu (26/07/2018) lalu, posisi sekretaris desa sudah dijabat oleh orang lain atas perintah camat tersebut.

Menanggapi aduan ini, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo, Jayusdi Rivai mengatakan, akan segera menindaklanjuti laporan ini. Menurutnya apa yang dilakukan oleh Camat Asparaga tersebut sudah melanggar aturan.

“Jika benar tindakan Camat Asparaga memecat sekdes secara semena-mena, itu telah melanggar aturan yang ada. Yang bisa memecat Sekdes ya hanya Kades bukan Camat. Camat tidak bisa sembarangan melakukan pemberhentian. Apalagi tanpa alasan yang jelas,” tegas Jayusdi.

Rencananya, Rabu (1/8/2018) hari ini Komisi I akan mendatangi Camat Asparaga di Kecamatan Asparaga, untuk meminta klarifikasi atas pemecatan yang dia lakukan terhadap Sekretaris Desa Bihe. “Karena jika kita undang mereka di DPR jaraknya sangat jauh, jadi kita yang kesana.” tandas Jayusdi.

PENULIS: Even Makanoneng

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top