Pekerja Sosial dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Gorut Ikut Program Sertifikasi - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Pekerja Sosial dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Gorut Ikut Program Sertifikasi

GORUT (REPUBLIKPOS) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Gorontalo, menggelar penyelenggaraan sertifikasi pekerja sosial dan tenaga kesejahteraan sosial (TKSD) bagi masyarakat di daerah itu. Sertifikasi itu bertujuan untuk memaksimalkan program sosial yang ditangani para Social Woker agar tepat sasaran.

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat membuka kegiatan itu mengatakan, kegiatan itu sebagai upaya pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan dan kesenjangan sosial di daerah. Maka pekerja sosial perlu didukung untuk menyentuh masyarakat.

Program-program sosial yang dimaksud Bupati Indra Yasin adalah bantuan pangan non tunai (BPNT) dan program keluarga harapan (PKH). Program itu perlu diperluas cakupan serta sasarannya, salah satunya peningkatan kapasitas dan kualitas pekerja sosial dan para pendamping program sosial lainnya yang ada di Gorontalo Utara.

“Kegiatan itu ada kaitannya dengan kemasyarakatan, karena bersinergi dengan program pemerintah daerah yang fokus utamanya sosial kemasyarakatan. Penurunan angka kemiskinan itu dimulai sejak tahun 2007, yakni 34 persen setiap tahunnya. Angka itu secara bertahap menunjukan trand positif, sehingga mencapai 18 persen,” kata Bupati Indra Yasin.

Maka pemerintah daerah mengharapkan para pekerja sosial perlu disertifikasi agar profesionalitas dalam mengawal dan menjalankan program lebih maksimal. Pemerintahpun mensertifikasi para pekerja sosial sesuai keahlian.

Bupati Indra juga mengatakan, program pemerintah lima tahun kedepan akan lebih difokuskan pada pendampingan keluarga ceria. Dimasinng-masing desa akan ada lima pekerja sosial yang nantinya dapat menjadi pendamping program sosial di masyarakat.

Dari kegiatan itu, Bupati Indra juga mengharapkan dapat menghasilkan para pekerja sosial professional layaknya seorang guru. Sehingga seluruh program sosial dapat tepat sasaran.

“Kepada para pekerja sosial yang nantinya telah mendapatkan sertifikasi, saya minta seluruh program sosial yang didampingi mampu dipertanggung jawabkan. Jangan ada malapraktik karena embrio program pemerintah mensejahterakan masyarakat. Maka pekerja sosial yang nantinya saya andalkan,” tutupnya.

Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo Utara yang menjadi penyelenggara kegiatan itu dan berlangsung di Aula Kampus Ichsan setempat. Hadir pula pusat pengembangan profesi pekerja sosial dan penyuluh sosial Kemensos RI, Manggana Lubis, Ketua Desan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI), Didit Widyawati bersama jajaran Kemensos RI dan Kepala Dinas Sosial Gorontalo Utara, Suprizal Yusuf.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top