DPR Setujui Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabgor T.A 2017 - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
alterntif text
Daerah

DPR Setujui Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabgor T.A 2017

LIMBOTO (REPUBLIKPOS) – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten Gorontalo Tahun Anggaran 2017 Akhirnya disetujui DPRD Kabupaten Gorontalo, Senin (16/7), pada Sidang Paripurna yang digelar di Gedung DPRD Kabupaten Gorontalo.

Meski demikian, DPR meminta agar Pemkab Gorontalo lebih meningkatkan perencanaan anggaran. Sehingga, program pembangunan dapat terealisasi dengan baik dan meminimalkan sisa lebih penggunaan anggaran (SILPA).

“SKPD diharapkan lebih memperhatikan perencanaan anggaran agar program pembangunan dapat terealisasi dan dapat meminimalkan SILPA,” ujar Sekretaris Komisi III, Iskandar Mangopa.

Politisi Partai Golkar ini juga berharap agar dalam penyusunan program kerja kedepan, Pemkab Gorontalo lebih berorientasi kepada percepatan penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Pelaksaanan APBD ke depan dalam melaporkan program dan kegiatan agar lebih teliti lagi, sehingga dapat diketahui pengaruhnya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, Iskandar juga mengusulkan dalam penyusunan laporan, dia berharap agar adanya format laporan yang sama. Hal ini dimaksudkan agar mudah dipahami. Sementara terkait dengan pengelolaan aset, Pemkab Gorontalo, diharapkan agar membenahi cara pengelolaan aset dan lebih inovatif.

Sebelumnya, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dalam sambutannya mengatakan, dengan telah disetujuinya Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2017, akan lebih meningkatkan kinerja eksekutif dalam peningkatan program kerja.

Nelson juga menyampaikan mengucapkan terima kasih atas usulan-usulan yang diberikan kepada pemerintah, semua yang disampaikan dalam rapat paripurna tersebut akan menjadi bahan evaluasi dalam penyusunan dan pelaksanaan APBD tahun depan.

“Saya berharap suasana harmonis antara eksekutif dan legislatif serta stakeholder dapat terus seiring, seirama dan bersinergi agar menghasilkan kinerja yang optimal dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Gorontalo yang semakin maju dan sejahtera.” tutup Nelson.

PENULIS: Even Makanoneng

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top