Hal Ini Mengemuka Pada Pelaksanaan Musrenbangnas Pertanian - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Hal Ini Mengemuka Pada Pelaksanaan Musrenbangnas Pertanian

JAKARTA, Republikpos.com – Kementerian Pertanian RI, Senin (21/5) menggelar MUSREMBANGNAS 2018 yang diselenggarakan di Gedung F Kementerian Pertanian.

Dengan mengusung tema “Pembangunan Infrastruktur dan Korporasi Petani untuk Percepatan Peningkatan Produksi dan Ekspor Pangan Serta Peningkataan Kesejahteraan Masyakat Miskin”, kegiatan Musrenbang Nasional ini dihadiri oleh pejabat eksekutif dan instansi terkait Kementerian Pertanian RI serta ASN dinas pertanian dari seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Muljadi Mario yang ditemui disela acara itu mengatakan bahwa MUSREMBANGNAS ini khusus membahas program pertanian secara nasional termasuk provinsi Gorontalo.

Muljadi, mendampingi gubernur Gorontalo dimana selain menghadiri undangan kegiatan Musrenbangnas Pertanian, juga Menteri Pertanian mengundang Gubernur dan secara khusus diterima oleh menteri membicarakan berbagai hal terutama masalah dukungan atas program pertanian secara nasional terutama program pertanian di daerah Gorontalo

Kata Muljadi, dalam pertemuan itu Menteri Pertanian RI memberikan apresiasi atas kinerja pemerintah Gorontalo khususnya dibidang ekspor Jagung. Sebab tadinya sejak tahun 2016 lalu, menteri berharap ekspor jagung di Gorontalo agar mencapai 100 ribu ton dalam jangka 1( satu) tahun. Namun untuk tahun ini target tersebut dapat terpenuhi hanya dalam waktu 6 (enam) bulan.

“Jadi setiap enam bulan daerah Gorontalo sudah bisa ekspor Jagung sesuai harapan menteri. Alhamdulillah sudah ada kontrak dengan menteri yang mana sampai dengan Juni tahun ini Gorontalo targetnya akan ekspor Jagung 105.750 ton.” ujar Muljadi.

Maka dengan jumlah tersebut, kata Muljadi, berarti sudah melampaui target yang diharapkan oleh menteri. Selain itu, jika sebelumnya target waktunya 1 tahun, maka tahun ini pemerintah Gorontalo akan mengupayakan hanya dalam kurun waktu 6 (enam) bulan saja. Bahkan harapan menteri agar ekspor tahun ini mencapai 150 ribu ton bisa saja direalisasikan.

Namun demikian Muljadi berharap dengan MUSREMBANGNAS Pertanian tahun ini akan menjadi momentum yang baik agar pertanian di daerah Gorontalo tetap akan mendapatkan alokasi anggaran tambahan bantuan untuk merealisasikan berbagai program, kegiatan pertanian di Gorontalo.(ibra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top