Djafar Ismail Warning Soal TGR - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
Daerah

Djafar Ismail Warning Soal TGR

GORUT, Republikpos.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Djafar Ismail mendukung penuh penerapan aturan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) nomor 2 tahun 2017 yang salah satu pointnya menegaskan tentang temuan atau yang lebih dikenal dengan TGR yang untuk penyelesaiannya secara administrasi paling lama 60 hari sejak LHP dari BPK, dan kalau tidak siap-siap berurusan dengan persoalan hukum.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Djafar usai menerima kunjungan kerja dari DPRD Kabupaten Bolaangmongondow Selatan (Bolsel) Provinsi Sulawsi Utara (Sulut) belum lama ini di ruang kerjanya.

“Saya orang yang pertama yang mendukung pelaksanaan dan penerapan aturan tersebut” kata penasehat Fraksi PDIP tersebut.

Memang aturan tersebut diakui oleh Djafar agak ketat. “Karena BPK diberikan kewenangan mutlat untuk memproses temuan tersebut ketika ruang dan waktu yang diberikan tidak dimanfaatkan” ujarnya.

Aturan ini juga dapat menyelamatkan para aleg dan juga pihak lainnya yang menggunakan uang daerah untuk pelaksanaan tugas dan kewenangannya.

“Kita sebagai pelaksana tugas aktivitas terselamatkan dengan aturan ini. Tidak hanya itu saja aturan BPK ini juga berhubungan dengan opini daerah apakah bisa dapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP)” jelas Djafar.

Selain itu juga kata Djafar aturan ini juga dapat menyelamatkan keuangan daerah. Olehnya Djafar menegaskan bahwa untuk resiko dari aturan tersebut tinggal tergantung dari setiap aleg yang memilihnya. “Apakah mau yang beresiko tinggi atau mau yang beresiko rendah” ujarnya.

Untuk resiko rendah kata Djafar tentu dengan segera melaksanakan sesuai dengan aturan yakni 60 hari paling lambat, “Kalau mau yang beresiko tinggi ya diabaikan saja, dan tinggal menungu waktu, siap-siap berurusan dengan pihak berwajib” tandasnya.(ms)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top