Sekdaprov Gorontalo Buka Rakor Pembiayaan Perumahan - REPUBLIKPOS.COM
News

Sekdaprov Gorontalo Buka Rakor Pembiayaan Perumahan

Republikpos.com, Gorontalo – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba membuka rapat koordinasi pembiayaan perumahan bertempat hotel Maqna, Kota Gorontalo, Selasa (2/11/2021).

Rakor yang diselenggarakan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Provinsi Gorontalo itu bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan program pembiayaan perumahan dan evaluasi pembiayaan perumahan bersubsidi di Provinsi Gorontalo.

Sekda Darda dalam sambutannya mengatakan keberadaan pembiayaan perumahan sangat diperlukan guna menyediakan layanan pembiayaan yang terjangkau dan mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Seiring dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, maka kebutuhan akan tempat tinggal juga semakin meningkat.

Darda menilai peranan pemerintah, baik pusat dan daerah dalam program pembiayaan perumahan sangat penting, sehingga diharapkan melalui rakor tersebut seluruh stakeholder bisa saling berdiskusi terkait permasalahan dan tantangan yang ada di Provinsi Gorontalo.

“Inilah gunanya kita adakan rapat koordinasi pada kesempatan ini. Jadi kenapa stakeholder ini diundang? supaya kita bersama-sama berdiskusi. Harapan kami misalnya ada yang kurang pas antara hak dan kewajiban bisa langsung diskusikan dan dicarikan solusinya,” ujar Darda.

Mantan pejabat di Kementerian PUPR itu pula mendorong Dinas PRKP agar mampu menjembatani para pengembang, perbankan dengan masyarakat dalam memperoleh rumah yang bersubsidi.

“Pak kadis sebentar berikan kesempatan kepada perbankan untuk berdiskusi terkait bagaimana skin pembiayaan bagi masyarakat PNS dan non PNS. Apa yang harus dipersiapkan agar masyarakat cepat mendapatkan perumahan,” imbuh Darda.

Rakor pembiayaan perumahan akan berlangsung selama satu hari dengan narasumber dari Ditjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Kepala Dinas PRKP Provinsi Gorontalo, Ketua Pokja PKP, dan unsur perbankan.

Rakor tersebut dihadiri oleh 100 perserta yang terdiri dari Dinas Perkim Kabupaten Kota se Provinsi Gorontalo, unsur perbankan, serta asosiasi perumahan se Provinsi Gorontalo.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top