HKG PKK ke 49 dan Rakerda V PKK Tingkat Provinsi Gorontalo - REPUBLIKPOS.COM
Provinsi Gorontalo

HKG PKK ke 49 dan Rakerda V PKK Tingkat Provinsi Gorontalo

Republikpos, Gorontalo – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim hadiri peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 tahun 2021 yang dirangkaikan dengan pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) V PKK tingkat Provinsi Gorontalo di gedung Belle Li Mbui, Kota Gorontalo, Rabu (7/4/2021).

Dalam arahannya, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim meminta agar program kerja Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Gorontalo diarahkan untuk mendukung pencapaian visi Pemprov Gorontalo yang tertuang dalam RPJMD 2017-2022.

“Visi Pemprov Gorontalo adalah terwujudnya masyarakat Gorontalo yang maju, unggul, dan sejahtera melalui delapan program unggulan. Terwujudnya visi ini sangat membutuhkan dukungan seluruh jajaran PKK,” kata Wagub Idris Rahim dalam sambutannya.

Kolaborasi Seluruh Stakeholder

Seperti halnya dalam program pendidikan yang berkualitas kata Idris, PKK dapat mengambil peran dalam membimbing, membina, dan mendidik anak usia dini.

Demikian pula halnya dalam mewujudkan program kesehatan yang prima, kolaborasi antara PKK dengan Dinas Kesehatan diharapkan dapat mempercepat tercapainya target pembangunan di sektor kesehatan.

“Begitu juga untuk program unggulan ekonomi kerakyatan, infrastruktur, budaya dan agama, pariwisata, serta lingkungan hidup. Oleh karena itu saya minta buat program yang realistis dan terukur, serta bersinergi dengan delapan program unggulan Pemprov Gorontalo,” imbuhnya.

Sementara itu Wakil Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo Nurinda Rahim mengatakan bahwa PKK berkomitmen untuk bersinergi membantu tercapai tujuan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

Selain itu, seluruh anggota PKK yang ada di provinsi Gorontalo diharapkan mampu berkolaborasi dengan baik dengan seluruh stakeholder guna mewujudkan pelaksanaan kegiatan sesuai kesepakatan.

Aturan Pelaksanaan Sesuai Permendagri

Nurinda mengutarakan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2020, PKK diharapkan bisa bekerja sama dengan Organisasi Perangkat Daerah dalam pelaksanaan program kerja.

“Dalam Permendagri itu disebutkan agar program PKK kalau di pusat berdasarkan RPJMN dan di daerah berpatokan pada RPJMD,” tandas Nurinda.

Karena itu diperlukan peran penting seluruh anggota PKK dalam berpartisipasi mewujudkan visi dan misi pemerintahan yang telah disepakati bersama dalam rapat kerja daerah atau Ranperda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top