Wakil Ketua DPRD Gorut Dorong UMKM Manfaatkan KAGUM - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Wakil Ketua DPRD Gorut Dorong UMKM Manfaatkan KAGUM

Republikpos, Gorut – Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara Roni Imran mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di Gorontalo Utara, untuk memanfaatkan skema pembiayaan modal usaha melalui Koperasi Gorut Maju (KAGUM).

Hal itu di sampaikan usai mendampingi kunjungan kerja dari Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, yang dalam agendanya menemui para pelaku UMKM, belum lama ini.

“Roni menjelaskan, pemerintah pusat menyiapkan dana dengan bunga rendah, yakni 6 persen per tahunnya. Hanya saja untuk mengakses bantuan modal usaha sangat sulit, apalagi bagi UMKM yang tidak lolos BI Cheking,” ujarnya.

Maka dari itu, Roni menilai, kehadiran OJK dalam rombongan kunjungan Rachmat Gobel memberikan pemahaman tentang bagaimana mengakses dana di perbankan lewat KUR atau lainnya.

“Hanya saja ketika UMKM tidak lolos BI Checking tentunya ini akan sulit, dan disinilah upaya RG untuk menyiapkan skema melalui koperasi yang nantinya akan melakukan kerja sama dengan pihak perbankan atau lembaga pembiayaan lainnya,” terangnya.

Nantinya, kata Roni, koperasi ini akan bekerjasama dengan pihak perbankan dan permodalan akan di salurkan melalui koperasi.

Ketua DPD Nasdem Gorut ini menambahkan, sebagaimana penyampaian dari para pelaku UMKM untuk mendapatkan modal usaha, mereka harus mendapatkan bunga sebesar 20 persen per bulan dari pihak-pihak lain.

“Sehingga ini yang menyebabkan pelaku UMKM di Gorontalo Utara tidak berkembang, maka tentunya kehadiran dari koperasi KAGUM ini akan menjadi solusi untuk mereka,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top