Pemkab Kabgor Terima Kunker Ditjen Bina Pemerintah Desa Kemendagri, Ini yang dibahas - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Pemkab Kabgor Terima Kunker Ditjen Bina Pemerintah Desa Kemendagri, Ini yang dibahas

Republikpos, Limboto – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo didampingi Wakil Bupati Hendra Hemeto menerima kunjungan kerja, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Dr. Yusharto Huntoyungo M.Pd di rumah jabatan Bupati Gorontalo, Jum’at, (5/3/2021).

Bupati Nelson Pomalingo mengatakan, ada dua hal yang di bahasa dalam kunjungan kerja Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, pertama terkait program yang didanai dana desa dan kedua, terkait pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Gorontalo.

“Pihak Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri apresiasi terhadap pelaksanaan pilkades di Kabupaten Gorontalo yang sudah punya landasan perda dan perbup termasuk berbagai regulasi yang telah di siapkan dalam rangka pilkades tersebut,” kata Nelson, disambangi usai kegiatan itu.

Ia pun berharap, Pilkades di Kabupaten Gorontalo berjalan aman dan hasilnya mudah – mudahan baik.

Terpisah, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Dr. Yusharto Huntoyungo M.Pd, menyampaikan pertemuan ini disamping sebagai kunjungan kerja juga bentuk silahturahmi.

“Kami ingin memastikan penerapan protokol Kesehatan berdasarkan Permendagri No. 72 tahun 2020, dijalankan dan diterapkan dengan baik terutama pelaksanaan Pilkades pada 89 Desa di Kabupaten Gorontalo pada 24 maret tahun 2021,” bebernya.

Kemendagri bakal menurunkan tim di Kabupaten Gorontalo untuk memantau tingkat kesiapan panitia pilkades di daerah ini, mulai dari tingkat Kabupaten hingga tingkat Kecamatan dan Desa termasuk dukungan kebijakan yang terkait pelaksanaan pilkades

Lanjut dia, terkait survey terhadap kesiapan panitia yang ditingkat kecamatan sampai ketingkat desa termasuk untuk mengetahui persepsi masyarakat pelaksanaan pilkades dengan penerapan protokol kesehatan covid-19.

Dengan kemudian, ungkap Dirjen, kita berupaya menghindari terjadinya klaster-klaster baru penyebaran covid-19 yang disebabkan pilkades.

“Disamping, tentunya untuk mendapatkan kader-kader terbaik kepala desa di Kabupaten Gorontalo untuk pencapaian Visi-misi dari Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo terpilih periode saat ini,” Ungkapnya

Demi suksesnya pilkades itu, dirinya berharap agar panitian melakukan koordinasi semua pihak.

Mulai dari forkopimda baik tingkat pimpinan kecamatan forkompimcam maupun desa serta posko desa ysng dibentuk berdasarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap tiga yang berlaku nanti pada tanggal 8 – 23 maret 2021.

“Mungkin setelah itu aka nada tetapi sekali lagi ketentuan tentang Protokol Kesehatan dan akan di atur setiap dua minggu dengan harapan kordinasi ini harus dilaksanakan secara terus menerus oleh jajaran yang akan terkait dengan penyelenggaraan Pilkades,” harapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top