Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Apresiasi Program “SORGA” Kabupaten Gorontalo - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Apresiasi Program “SORGA” Kabupaten Gorontalo

Republikpos, Limboto – Program Pemerintah Kabupaten Gorontalo pembangunan Sarana Olahraga “SORGA” disetiap desa sejak kepemimpinan Bupati Nelson Pomalingo toreh apresiasi dari Kemendes RI.

Bentuk apresiasi ini disampaikan langsung Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Dr. Yusharto Huntoyungo M.Pd ditemui usai melakukan kunjungan kerja bertemu dengan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Jumat (5/3/2021).

Yusharto Huntoyungo mengatakan, ini merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, pertama kali beliau dilantik menjadi Presiden yang disebut dengan Liga Desa.

Dengan adanya liga desa ini, maka dibutuhkan sarana-sarana Olahraga mendukung sehingga kegiatan Olahraga itu lebih semarak lagi ditingkat Desa dengan harapan masyarakat akan punya aktivitas yang bermanfaat.

“Anak-anak Muda tidak berkerumun tidak untuk hal-hal tidak berguna dan dengan demikian produktivitas pun meningkat kalau mereka mempunyai badan yang sehat,” kata Yusharto.

Yusharto menambahkan Dengan demikian apa yang dibuat di Kabupaten Gorontalo oleh Bupati Nelson, pembangunan Sarana Olahraga “SORGA” disetiap desa sejalan dengan apa yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat.

“Hanya saja karena masa pandemi, dihilangkan kegiatan-kegiatan berkerumun dan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Selama ini pemerintah pusat telah banyak kucurkan bantuan Dana ke daerah.

Untuk itu, dia berharap tingggal bagaimana mengevisiensikan, mengefektifan pemanfaatan dana yang sudah cukup besar untuk ukuran desa.

“Disamping ada program dari pemerintah pusat juga ada program lain, seperti perpustakaan desa, wisata desa dan sebagainya.

“Semua itu bukan sekedar program tetapi diikuti dengan aktivitas-aktivitas yang mungking sifatnya pailoting tetapi bisa direflikasi. Karena sudah ada model maka desa yang akan lebih muda dam tidak perlu mereka melakukan ujicoba bahwa anggaran itu tidak efektif,” tuturnya.

Sementara itu, Nelson Pomalingo menyampaikan terima kasih atas kunjungan kerja Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri di Kabupaten Gorontalo yang dilakukan oleh, Dr. Yusharto Huntoyungo M.Pd.

Nelson menjelaskan, Sarana Olahraga ini untuk masyarakat agar melakukan aktivitas Olahraga demi kesehatan tubuh.

“Kita sehat, Kita menang, kita produktif dan terhindar dari berbagai penyakit,” jelas Nelson.

Sarana olah raga ini, sambung Nelson tidak sekedar demi kesehatan tetapi untuk silaturahim.

“Kalau ada acara dan bahkan kalau ada bencana sarana ini menjadi tempat evakuasi yang disiapkan,” tutupnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top