Pemkab Gorontalo Alih Fungsikan Sekolah Swasta Jadi Negeri - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Pemkab Gorontalo Alih Fungsikan Sekolah Swasta Jadi Negeri

Republikpos, Limboto – Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui dinas pendidikan dan kebudayaan alih fungsikan sekolah swasta menjadi Negeri.

Sejumlah sekolah itu antara lain TK Negeri Pembina Nurul Falah Di Desa Mohiyolo Kecamatan Asparaga, TK Negeri Pembina I (TK Anggrek) Di Desa Satria dan TK Negeri Pembina II (TK Cendana) Di Desa Paris Kecamatan Mootilango.

Kegiatan alih fungsi sekolah tersebut ditandai dengan peresmian sekolah tersebut oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo didampingi Wakil Bupati Hendra Hemeto serta sejumlah Pimpinan OPD, Kamis (04/3/2021).

Pantauan awak media, sebelum melaksanakan berbagai kegiatan di dua kecamatan itu, Bupati dan Wabup diterima masyarakat dengan proses Adat “Mopotilolo” yang dipusatkan di kantor camat masing – masing.

Bupati Nelson mengatakan, alih fungsi sekolah swasta menjadi negeri ini banyak manfaatnya. Pertama, jika sudah menjadi sekolah negeri maka akan menarik banyak anggaran.

“Anggaran baik dari pusat maupun daerah bisa dikucurkan lebih banyak untuk perkembangan sekolah itu tersebut,” kata Nelson.

Selain itu, bakal ada peluang pengangkatan guru termasuk Guru ASN.

“Jikalau ada pengangkatan Guru ASN ruang itu ada, termasuk memprioritaskan guru honor yang sudah mengabdi disekolah tersebut,” beber Nelson.

Nelson menyampaikan, alih fungsi sekolah swasta menjadi negeri ini bakal merata di seluruh kecamatan.

“Tahun ini ada 19 sekolah yang bakal dialih fungsikan menjadi negeri dan itu tersebar di kecamatan se Kabupaten Gorontalo,” tandas Nelson.

Selain meresmikan sekolah, kunjungan itu dimanfaatkan meresmikan Sanggar Seni dan Budaya di Desa Bihe Kecamatan Asparaga, silaturahmi dengan masyarakat Dusun Pasir Putih, Desa Pilomonu, Kecamatan Mootilango dan diakhiri dengan pembukaan Pertandingan Persahabatan Sepak Bola Antara Tim Kecamatan dan Tim Kepala Desa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top