Mars Kearsipan Indonesia, Darda Daraba: Itu Wajib - REPUBLIKPOS.COM
Provinsi Gorontalo

Mars Kearsipan Indonesia, Darda Daraba: Itu Wajib

Republikpos, Gorontalo – Mars Kearsipan Indonesia bagi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Gorontalo wajib di setiap kegiatan.

Hal itu ditengarai Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Arsip Dinamis, di Hotel Milana, Kabupaten Gorontalo, Kamis (4/3/2021).

“Bagaimana mungkin kita bisa eksis, bagaimana mungkin kita akan disegani oleh orang kalau kita sebagai pengelola arsip saja tidak ada yang tahu Mars arsipnya. Jadi saya minta pak kadis, baik di provinsi dan kabupaten kota putar tiap pagi Mars Kearsipan di kantor,” kata Darda.

Darda mengatakan, dengan mendengar dan bisa menyanyikan mars kearsipan diharapkan bisa menambah rasa bangga dan semangat penyelenggara kearsipan.

“Kita harus bangga. Dulu, arsip ini dilihat sebelah mata. Arsip ini apa sih. Nah, kita harus rubah itu, tunjukkan bahwa bapak itu harus jadi contoh. Jadikan mars arsip itu sama dengan mars korpri seperti yang disampaikan pak gubernur yang harus digaungkan,” imbuh Darda.

Mantan pejabat di Kementerian PUPR itu juga berpesan kepada pengelola arsip, untuk selalu menata dan mengelola dengan baik seluruh arsip, sebab arsip merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media yang mempunyai nilai guna, baik itu dari segi sejarah, administrasi, penelitian, serta sebagai bukti akuntabilitas kinerja organisasi.

“Kemas baik baik arsipnya pak kadis, supaya orang tertarik dengan itu. Bikin juga tagline bahwa arsip adalah aset negara. Pastikan bahwa arsip ini memiliki nilai bagi masyarakat. Otomatis dinas perpustakaan sebagai pengelola arsip pasti bisa jadi rebutan,” tandas Darda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top