Pemkab Gorontalo Gelar Adat Modepito dan Mopotolungo - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Pemkab Gorontalo Gelar Adat Modepito dan Mopotolungo

Republikpos, Limboto – Pemerintah Kabupaten Gorontalo menggelar upacara adat “Modepito” untuk akhir masa jabatan Prof. Nelson Pomalingo yang menjabat sebagai Bupati Gorontalo selama lima tahun diperiode pertama.

Modepito atau proses pengantaran, adalah adat yang dilakukan kepada seorang pejabat karena telah selesai masa jabatannya. Acara adat ini berlangsung di rumah dinas Bupati Gorontalo,minggu (21/2/2021).

Sebelumnya, dipagi hari pemerintah Kabupaten Gorontalo juga melaksanakan proses adat “mopotolungo” kepada Wakil Bupati Herman Walangadi, yang telah usai masa jabatannya mendampingi Nelson Pomalingo. Seperti diketahui, akhir masa jabatan Bupati dan wakil Bupati tersebut pada tanggal 17 februari tahun 2021.

Untuk wakil Bupati proses adat mopotolungo diawali dari rumah jabatan menuju kediaman demikian pula proses Modepito bagi Bupati Nelson dari rumah dinas menuju rumah pribadi di desa Tuladenggi kecamatan telaga biru.

Usai kegiatan itu, Nelson Pomalingo mengatakan, dirinya telah selesai masa jabatan periode 2016-2021.

“Maka diadakan adat Modepito, artinya saya diantar kembali ke kediaman pribadi. Begitu juga dengan Wakil Bupati saya Herman Walangadi,” kata Nelson.

“Kalau dulu saya di jemput dari rumah pribadi ke Rumah Dinas, sekarang saya di anntar kerumah pribadi karena selesai masa jabatan sebagai Bupati,” Kata Nelson Lagi.

Hadir pada kegiatan itu, Plh. Bupati Gorontalo Ir. Hadijah U Tayeb, Sejumlah Pimpinan OPD serta para pemamgku adat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top