Tiga Musabab Umum Penyebab Dominan Kapal Tenggelam Ala Ridwan Yasin - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Tiga Musabab Umum Penyebab Dominan Kapal Tenggelam Ala Ridwan Yasin

Republikpos, Gorut – Sekretaris Daerah Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Yasin memaparkan tiga musabab umum terkait penyebab tenggelamnya kapal.

Hal itu dijelaskannya usai mengikuti Ujian Amatir Nasional Radio (UNAR) di Kantor Balai Lokal Monitoring Spektrum Frequensi Provinsi Gorontalo, Selasa (16/2/2021).

“Pertama; karena gelombang tinggi. Kedua; masih banyak ditemukan penyalahgunaan spektrum frekuensi radio. Ketiga; karena banyaknya kapal pelayaran yang belum dilengkapi peralatan komunikasi radio marabahaya,” jelas Ridwan.

Menurutnya, perahu nelayan sebagian besar dengan gross tonnage di bawah 30 GT, dan belum dilengkapi peralatan komunikasi radio marabahaya.

“Fungsi radio komunikasi bisa digunakan sebagai sarana komunikasi antara para nelayan bila terjadi musibah atau kerusakan mesin di laut,” ujar Ridwan.

Dampak kerusakan mesin atau musibah yang terjadi di perairan, menurutnya bisa diminimalisir apabila nahkoda atau mualim memiliki sertifikat operator radio dan mengerti cara berkomunikasi marabahaya serta menggunakan perangkat radio yang bekerja pada frekuensi.

“Terkait perangkat komunikasi kapal, telah diatur dalam Global Maritime Distress and Safety System atau Sistem Keselamatan dan Kegentingan Maritim Global (GMDSS),” tutur Ridwan.

Sistem ini, kata Ridwan terdiri dari prosedur keselamatan berbagai jenis peralatan dan protokol komunikasi untuk meningkatkan keselamatan dan mempermudah saat menyelamatkan kapal, perahu, ataupun pesawat terbang yang mengalami kecelakaan.

“Kedepan kita rencanakana bekerja sama dengan Loka Monitor untuk melakukan sosialisi kepada nelayan, sekaligus bisa beroleh izin penggunaan alat komunikasi khusus nelayan di Gorut,” tandas Ridwan.

Pewarta: Laindi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top