Longsor di Garapia, Begini Cara Ridwan Yasin Taktisi Jalan Macet - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
Gorontalo Utara

Longsor di Garapia, Begini Cara Ridwan Yasin Taktisi Jalan Macet

Republikpos, Gorut – Akibat longsoran, Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Yasin taktisi jalan yang macet di Desa Garapia, Kecamatan Montano.

Kemacetan ini, kata Ridwan terjadi akibat sejumlah tanah di perbukitannya longsor. Tanahnya tidak mampu lagi menahan derasnya air.

“Sudah lama jalan itu potensi amblasnya cukup besar, sehingga menyebabkan antrian sepanjang 600 M sampai 700 M,” kata Ridwan, Senin (8/2/2021).

Ridwan menegaskan seharusnya di situ ada gorong-gorong sebagai jalan air, harus dilebarkan, jangan tanjakan begitu, semestinya diratakan dengan timbunan.

Atas dasar itu, Ridwan sejak pagi turun langsung untuk melakukan tindakan sementara. Meskipun dapat mengurangi kemacetan, paling tidak bisa bertahan sampai beberapa bulan ke depan.

“Ini kan tidak di aspal, hanya penimbunan yang bersifat bertahan ketika hujan turun. Hari ini kita turunkan excavator,” ujar Ridwan.

Awalnya, Sekda ini menghubungi Excavator HTI, mereka sampaikan nanti akan dipersiapkan. Selanjutnya menghubungi lagi Excavator milik Dinas Lingkungan Hidup, tapi masih sedang digunakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU).

“Akan tetapi, PU sudah mengizinkan di bawa ke lokasi, tinggal menunggu angkutannya saja. Saya hubungi juga para jajaran mengurusi itu. Alhamdulillah yang cepat, tadi sudah turun dan mungkin pekerjaannya selesai,” ucap Ridwan.

Ridwan menyatakan timbunan sudah disiapkan berupa batu batu kecil yang banyak, tapi di atasnya lagi diberi yang halus. Mudah mudahan hari ini selesai dan sudah bisa dilewati oleh kendaraan.

“Kemarin masyarakat menyampaikan sudah banyak kendaraan yang lewat di sana, sehingga diminta perhatian Pemda untuk sesegera mungkin menyelesaikannya,” ungkap Ridwan.

Ridwan mengungkap banyak laporan dari lapangan yang melewati itu, termasuk pejabat, misalnya Camat, Kepala-kepala Dinas yang menuju ke arah barat dalam rangka program.

“Bukan pejabat yang di utamakan lewat, justru masyarakat menilai sering dilewati oleh pejabat tapi tak kunjung ditangani. Perintah Bupati, segera ditindaklanjuti,” tandas Ridwan.

Pewarta: Laindi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top