Ini Sosok Jenderal Bintang Dua Termuda Indonesia Pendamping Calon Kapolri - REPUBLIKPOS.COM
Nasional

Ini Sosok Jenderal Bintang Dua Termuda Indonesia Pendamping Calon Kapolri

(Sumber Foto: Istimewa)

Republikpos, Jakarta – Mengulik sosok Jenderal bintang dua termuda Indonesia yang belakangan ini terlihat mendampingi Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Ia adalah Irjen Ferdy Sambo merupakan jenderal bintang dua termuda di Korps Bhayangkara kelahiran 9 Februari 1973 yang menyelesaikan pendidikan Akpol nya tahun 1994.

Tidak hanya ikut di setiap kunjungan Listyo Sigit dalam mencari restu untuk maju sebagai calon Kapolri, Sambo juga hadir saat Tim Naskah Calon Kapolri menyambangi DPR pada Selasa (19/1/2021).

Walau tak sendiri, namun jika dilihat dari usia, Sambo merupakan yang termuda karena dua rekan seangkatan lainnya lebih tua setahun darinya.

Dan diketahui Sambo saat ini menjabat sebagai Kadiv Propam Polri. Jabatan itu ia emban sesuai surat telegram Kapolri nomor ST/3222/XI/KEP/2020 tertanggal 16 November.

Saat itu, Sambo yang masih berpangkat Brigjen dan dipromosikan tak berselang lama kemudian naik pangkat satu tingkat.

Tepat 4 Desember 2020 sesuai dengan surat telegram Kapolri nomor STR/ /XII/KEP./2020 tertanggal 3 Desember 2020, ia dinobatkan.

Jejak karier Sambo lebih banyak di reserse. Ia pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat pada 2010, lalu dipromosikan sebagai Kapolres Purbalingga pada 2012 dan menjabat Kapolres Brebes pada 2013.

Sambo kembali berkutat pada dunia reserse pada 2015 sebagai Wadirreskrimum Polda Metro Jaya. Setahun kemudian pada 2016, ia dipromosikan sebagai Kasubdit IV Dittipudum Bareskrim Polri.

Tidak hanya sampai disitu, karier Sambo kembali melonjak pada 2019. Ia dipercaya mengemban tugas baru sebagai Dirtipidum Bareskrim Polri.

Selama mengabdi untuk Polri, sejumlah kasus besar pernah ditangani oleh Sambo. Di antaranya mengusut teror bom Thamrin yang terjadi pada 2016, lalu memimpin penyidikan kebakaran gedung Kejaksaan Agung, serta ikut menyidik kasus Djoko Tjandra.

Sumber: warta ekonomi.co.id

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top