Pemkab Gorontalo dan Bank Muamalat Evaluasi Kerja Sama - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Pemkab Gorontalo dan Bank Muamalat Evaluasi Kerja Sama

Republikpos, Limboto – Pemerintah Kabupaten Gorontalo melakukan evaluasi sejumlah kerja sama dengan Bank Muamalat Gorontalo.

“Alhamdulillah, tadi kita mengevaluasi kerja sama dengan Bank Muamalat, dan selama ini sudah bagus, apalagi bank ini adalah bank syariah yang secara nasional kita ingin menjadi negara ekonomi syariah sehingga kita juga berharap di Gorontalo demikian,” ujar Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo usai menerima silaturahim jajaran bank syariah Gorontalo, Selasa (12/1/2021).

Nelson menyebutkan, ke depan ada sejumlah kerjasama dilakukan. Pertama, BAZNAS dan semua akan dimasukan di sana. Kedua, untuk zakat mal maupun zakat fitrah, sedekah juga akan dimasukan melalui BAZNAS.

Pemkab Gorontalo juga mendorong kerjasama BMT terutama kaitannya dengan masjid, agar pola pengelolaan dana masjid terkelola dengan benar dan harus didampingi.

“Masjid ini banyak kurang lebih di Kabupaten Gorontalo hampir seribu dan itu basis umat kita maka sistem pengelolaan keuangan harus diperbaiki,” ungkapnya.

Dirinya juga mendorong koperasi syariah karena sekarang ini banyak pencekik dan itu yang kita lakukan.

“Intinya untuk membantu umat,” tambah Nelson.

Sementara itu, Akbar Sulaiman Branch Manager Bank Muamalat Gorontalo menyampaikan, pertemuan tadi membahas sejumlah program tahun lalu yakni pembagian CSR. Peyaluran CSR ini berbasis masjid yakni pembagian sembako disetiap masjid dan itu sudah rutin tahun ke tahun dilakukan.

“Bahkan terakhir, kita menyalurkan hewan kurban juga. Nah dengan kerjasama ini kita mengevaluasi lagi dan memohon kerja sama tahun ini untuk menyalurkan program–program tersebut,” jelasnya.

Akbar menambahkan pihaknya akan menginisiasi berdirinya BMT di Gorontalo dalam rangka mengantisipasi maraknya rentenir-rentenir yang mencekik. Nantinya kata Akbar, BMT di bawah koordinasi kerja sama dengan BUMD, Bank Muamalat dan pemerintah daerah sebagai pembinanya.

“Diharapkan dengan BMT ini pak Bupati mengarahkan kepada basis masjid. Kita punya program namanya usaha berbasis masjid. Jadi, jemaah-jemaah masjid yang punya usaha itu akan di prioritaskan diberikan bantuan usaha,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top