Kaleidoskop Desember, Gorontalo Masuk Tiga Besar Partisipasi Tetinggi di Pilkada Serentak - REPUBLIKPOS.COM
Provinsi Gorontalo

Kaleidoskop Desember, Gorontalo Masuk Tiga Besar Partisipasi Tetinggi di Pilkada Serentak

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meninjau TPS TPS yang ada di Kabupaten Pohuwato. Kunjungan Gubernur ini untuk memastikan Pilkada aman dan sukses di Provinsi Gorontalo. Selain Gubernur, untuk wilayah Kabupaten Gorontalo ditinjau Wagub Idris Rahim, sementara wilayah Bone Bolango ditinjau Sekdaprov Darda Daraba. (Dok. Humas)

Meski dilaksanakan di tengah pandemi covid-19 pelaksanaan pilkada serentak di Gorontalo dinilai sukses. Keberhasilan ini berdasarkan penilaian pemerintah pusat, dimana partisipasi masyarakat Gorontalo mencapai angka 86,12% yang melebihi partisipasi masyarakat secara nasional yang hanya 75, 83%.

Selain keberhasilan pilkada, Desember 2020 juga menjadi bulan pelaksanaan penindakan tegas untuk pelanggar protokol kesehatan. Pelarangan ini dibuktikan dengan tidak ada perayaan tahun baru, perayaan Natal juga dibatasi.

1 Desember 2020

Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 113 resmi melayani rute pelayaran dari Pelabuhan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, ke sejumlah pelabuhan di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan. Pelayaran perdana kapal tol laut itu dilepas oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim yang ditandai dengan pemecahan kendi dan pengguntingan pita di Pelabuhan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Selasa (1/12/2020).

KM Sabuk Nusantara 113 merupakan jenis kapal tol laut eksklusif yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Mulai dari ruangannya yang berpendingin udara, 125 tempat tidur, 160 kursi, kafetaria, mushala, hingga layanan pencucian pakaian.

3 Desember 2020

Tujuh entitas Pemerintah Daerah dan 23 Satuan Kerja (Satker) vertikal di Provinsi Gorontalo menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) serta Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2021. DIPA dan TKDD 2021 diserahkan oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di ballroom Hotel Damhil, Kota Gorontalo, Kamis (3/12/2020).

“DIPA dan TKDD tahun 2021 ini diserahkan lebih awal dengan tujuan agar dampak dan manfaatnya bisa segera dirasakan oleh masyarakat karena APBN menjadi salah satu instrumen utama dalam menggerakkan perekonomian di masa pandemi Covid-19,” kata Wagub Idris Rahim dalam sambutannya.

3 Desember 2020

Puluhan tahun merasakan akses jalan yang buruk yang membuat daerah ini terisolir, kini di era masa pemerintahan Rusli Habibie, warga Biluhu bisa bernapas lega. Mereka sudah mulai menikmati akses jalan yang lebih baik dengan kondisi jalan yang mulus.

Warga Biluhu yang merasakan sulitnya beraktifitas saat jalan belum tersentuh perbaikan, berterima kasih dengan perhatian Gubernur Rusli yang sangat besar di wilayah mereka.

7 Desember 2020

Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Gorontalo yang ke-20 tahun, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengulas kembali tentang kinerja jajarannya untuk setahun terakhir. Walaupun dalam rapat paripurna DPRD dibacakan Pemprov Gorontalo telah meraih banyak prestasi, namun rasa tanggung jawab atas jabatan dan kinerja harus terus ditingkatkan. Hal ini dikatakan Gubernur, usai mengikuti Rapat Paripurna DPRD HUT ke-20 Provinsi Gorontalo yang berlangsung secara virtual, Senin (7/12/2020).

“Kita telah memasuki akhir tahun, artinya APBD tahun anggaran 2020 akan segera berakhir. Tolong diselesaikan dengan penuh rasa tanggung jawab, transparan, tidak sedikitpun melanggar aturan dan harus teradministrasi dengan baik. Saya mohon kepada para asisten, pak inspektur, lebih rajin lagi mengingatkan kepada pimpinan OPD untuk menyiapkan laporan-laporan kegiatan APBD tahun 2020,” kata Rusli

8 Desember 2020

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menilai Kabupaten Pohuwato sudah siap menggelar pemungutan suara pilkada tahun 2020, Rabu 9 Desember besok. Hal itu berdasarkan hasil peninjauan lapangan yang didampingi Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Danrem 133/NWB Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito serta anggota penyelenggara pemilu, Selasa (8/12/2020).

Gubernur Rusli mendatangi TPS 1 Desa Kemiri, Kecamatan Paguat, TPS 1 Kelurahan Pentadu, Kecamatan Paguat serta TPS 1 Desa Pepaya, Kecamatan Dengilo. Rombongan juga meninjau TPS 3 Desa Huta Moputi, Kecamatan Dengilo dan TPS 4 Desa Palopo, Kecamatan Marisa.

8 Desember 2020

Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim bersama sejumlah pimpinan Forkopimda, Bawaslu Provinsi, KPU Kabupaten Gorontalo, dan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Gorontalo, meninjau KPU, Bawaslu serta persiapan sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Gorontalo, Selasa (8/12/2020).

Sebelum turun meninjau lokasi TPS, wagub melakukan peninjauan di KPU dan Bawaslu Kabupaten Gorontalo. Sesuai informasi, jumlah DPT di Kabupaten Gorontalo sebanyak 283.848 jiwa yang terbagi di 811 TPS dan tersebar di 205 desa/kelurahan dan 19 kecamatan. Sementara untuk KPPS sendiri berjumlah 5677 orang dan telah selesai di rapid.

8 Desember 2020

Sekretaris daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba berharap partisipasi masyarakat dalam memilih kepala daerah di Kabupaten Bone Bolango tetap tinggi, meski pilkada besok dilangsungkan di tengah pandemi.

“Hari ini saya ada di tim tiga bagian Bone Bolango, meninjau kesiapan pilkada serentak besok hari. Alhamdulillah kesiapannya kalau saya bilang sudah 100 persen siap, baik kesiapan TPSnya maupun KPPSnya. Tinggal harapanny, bagaimana partisipasi masyarakat besok dalam memilih bisa sampai 90 persen kalau boleh 100 persen. Ini yang diharapkan juga oleh pak Gubernur dan pak Wagub,” kata Darda usai meninjau kesiapan TPS di Kabupaten Bone Bolango, Selasa (8/12/2020).

10 Desember 2020

Pemerintah Provinsi Gorontalo menjadi satu satunya pemerintah tingkat provinsi di Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari Kemendagri. Penghargaan tersebut terkait sukses pelaksanaan nol Rekam KTP-el untuk tiga kabupaten yang menggelar Pilkada yakni Bone Bolango, Pohuwato dan Kabupaten Gorontalo.

Kemendagri melalui Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menghadiahi Provinsi Gorontalo dengan mesin Administrasi Dukcapil Mandiri (ADM). Mesin berbentuk seperti mesin ATM itu nantinya bisa digunakan warga untuk mencetak 23 dokumen kependudukan seperti KTP, akta keluarga, akte perkawinan dan sebagainya secara mandiri.

10 Desember 2020

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengingatkan kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memaksimalkan laporan pertanggungjawaban keuangan di penghujung tahun anggaran 2020. Ia menyebut realisasi anggaran dan realisasi fisik yang tinggi belum cukup jika tidak diimbangi dengan laporan keuangan yang baik dan benar.

“Bagi OPD yang mencapai target bahkan melebihi target saya ucapkan terima kasih, tetapi saya ingatkan harus berhati-hati. Dalam arti jangan hanya mencapai target realisasi keuangan tapi laporannya tertinggal. Administrasinya harus rapih,” pesan Rusli saat memimpin rapat pimpinan OPD di Aula Rujab Gubernur, Kamis (10/12/2020).

14 Desember 2020

Provinsi Gorontalo masuk dalam tiga besar tingkat partisipasi pemilih tertinggi pada Pilkada serentak, yang digelar pada 9 Desember lalu. Hal ini terungkap pada pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan tema “Refleksi dan Proyeksi Pelaksanaan Pilkada Tahun 2020” yang dipimpin oleh Menko Polhukam, Menteri Dalam Negeri, Ketua KPU, serta Ketua Bawaslu, dan diikuti kepala daerah se Indonesia, via meeting zoom Senin (14/12/2020).

Dalam rakor tersebut yang juga diikuti Asisten II setda Provinsi Gorontalo yang mewakili Gubernur Rusli Habibie, ada tiga Provinsi yang partisipasi masyarakatnya tinggi, yakni Provinsi Sulawesi Tenggara, Maluku Utara dan Provinsi Gorontalo. Ketiga provinsi tersebut partisipasi masyarakatnya mencapai angka 86,12% dan melebihi partisipasi masyarakat secara nasional yang hanya 75, 83%.

16 Desember 2020

Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim meresmikan pemanfaatan Asrama Mahasiswa Gorontalo di Kota Manado, Sulawesi Utara, Rabu (16/12/2020). Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti, serta penyerahan aset dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) ke Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo selaku pihak pengelola aset daerah.
Asrama yang terletak di Jalan Sudirman, Kota Manado itu direnovasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dengan menelan anggaran sebesar Rp996,8 juta pada APBD tahun 2020.

Pemerintah menyiapkan sembilan posko terpadu untuk natal dan tahun baru (Nataru) di Provinsi Gorontalo. Hal itu mengemuka saat rapat Penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru di Kantor Dinas Perhuhungan Provinsi Gorontalo, Jumat (18/12/2020). Dijelaskan Kadis Perhubungan Jamal Nganro, sembilan posko tersebut yakni Bandara Djalaluddin, Pelabuhan Gorontalo, Pelabuhan Kwandang, Pelabuhan Anggrek, Pelabuhan Tilamuta dan Bumbulan.

“Ada juga Pelabuhan Penyebrangan Gorontalo, Penyebrangan Marisa, Terminal Tipe A Dungingi dan Terminal tipe A Isimu,” jelas Jamal usai rapat.

20 Desember 2020

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo mengeluarkan Surat Edaran Gubernur Gorontalo terkait perayaan Natal dan Tahun Baru 2021. Surat Edaran bernomor 200/Kesbangpol/2112/2020 ditujukan ke Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta Bupati dan Wali Kota se Provinsi Gorontalo.

Surat Edaran tersebut merupakan tindak lanjut atas Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Edaran itu juga merupakan implementasi dari Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Gorontalo Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

21 Desember 2020

Pemerintah Provinsi Gorontalo memastikan ketersediaan dan pasokan pangan aman dan terkendali jelang Natal dan Tahun Baru 2021.
Hal ini dipastikan Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba saat memimpin Rapat High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) secara virtual di ruang Huyula kantor gubernur, Senin (21/12/2020). Rakor ini dihadiri oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Bulog, BPS, Pertamina, Hiswana Migas serta diikuti seluruh TPID dan Satgas Pangan Kabupaten Kota se Provinsi Gorontalo secara virtual.

22 Desember 2020

Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo menerima 10.000 rapid antigen dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (22/12/2020). Rapid untuk mendeteksi protein virus corona dikirim ke BPBD dan diteruskan ke dikes.

“Alhamdulillah hari ini kita menerima 10.000 bantuan rapid antigen dari BNPB. Atas nama bapak gubernur dan pemerintah provinsi kami mengucapkan terima kasih kepada BNPB atas bantuan ini,” kata Plt Kadis Kesehatan Misranda Nalole.

23 Desember 2020

Gorontalo menjadi satu-satunya pemerintah tingkat provinsi yang mendapatkan penghargaan terbaik atas Gerakan Dukung Rekam KTP-el yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia. Piagam penghargaan tersebut diterima langsung oleh Sophian Rahmola dalam kegiatan rapat rekapitulasi DPTb (daftar pemilih tambahan) pilkada 2020 dan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan tahun 2020, yang dilaksanakan oleh KPU RI, Selasa kemarin di Bandung.

Komisioner KPU Provinsi Gorontalo yang membidangi Divisi Perencanaan Data dan Informasi Sophian Rahmola menjelaskan, Gorontalo masuk kategori provinsi terbaik dalam hal Gerakan Dukung Rekam KTP-el se-Indonesia.

26 Desember 2020

Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Provinsi Gorontalo menggelar sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Kegiatan sosialisasi diisi dengan pembagian masker kepada warga di sejumlah lokasi yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Gorontalo.

“Atas nama pemerintah saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BUMN yang telah peduli pada penanganan Covid-19 di Provinsi Gorontalo,” kata Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim pada kegiatan penyerahan bantuan masker dari Satuan Tugas (Satgas) Bencana BUMN Provinsi Gorontalo di aula rumah jabatan Wagub, Sabtu (26/12/2020).

28 Desember 2020

Keselamatan rakyat di tengah pandemi covid-19, masih menjadi hal yang mutlak bagi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. Oleh sebab itu, pelanggaran terhadap protokol kesehatan sudah saatnya ditindak dengan tegas.

Hal ini menjadi pesan utama Gubernur Rusli kepada seluruh Forkopimda Gorontalo, saat melaksanakan rapat bersama via metting zoom, terkait Kesiapan Pengamanan dan Penegakan Protokol Kesehatan Jelang Pelaksanaan Tahun Baru 2021, Senin (28/12/2020).

28 Desember 2020

Forkopimda Provinsi Gorontalo sepakat untuk melarang segala bentuk aktivitas perayaan atau agenda pergantian tahun, dan seluruh jajaran pemerintah kabupaten/kota harus tegas untuk melarang, menutup, dan atau membubarkan tempat dan lokasi yang berpotensi terjadinya keramaian dan kerumunan.

Kesepakatan tersebut merupakan salah satu hasil dari rapat Forkopimda yang dipimpin oleh Gubernur Gorontalo via zoom, terkait Kesiapan Pengamanan dan Penegakan Protokol Kesehatan Jelang Pelaksanaan Tahun Baru 2021, di aula rumah dinas gubernur, Senin (28/12/2020). Selain itu, Forkopimda juga bersepakat untuk melakukan penegakan dan pemberian sanksi yang tegas, baik pembubaran acara maupun dilanjutkan ke proses ande sesuai aturan yang berlaku saat ini.

29 Desember 2020

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie belum mengizinkan sekolah SMA/SMK/SLB sederajat untuk menggelar sekolah tatap muka awal tahun 2021. Hal itu diambil mengingat masih tingginya penularan virus corona atau covid-19 di Provinsi Gorontalo.

“Untuk Pendidikan secara langsung, fisik itu diserahkan pemerintah pusat ke daerah masing-masing. Untuk Gorontalo saya belum mengizinkan pendidikan secara langsung atau fisik (tatap muka). Virus ini sangat berbahaya perlu kita antisipasi penularannya,” tegas Rusli saat meresmikan sarana dan prasarana Pendidikan di SMA 3 Kota Gorontalo, Selasa (29/12/2020).

29 Desember 2020

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengeluarkan surat edaran tentang Izin Kegiatan Hajatan Sesuai Protokol Kesehatan, Selasa (29/12/2020). Surat bernomor 200/KESBANGPOL/1503/200 itu memuat tiga poin penting.

Warga tidak diizinkan melaksanakan keramaian umum termasuk hajatan, pesta, resepsi keluarga, ulang tahun dan lain-lain. Warga juga tidak diizinkan menggelar pertemuan andem, budaya dan keagamaan dalam bentuk seminar, lokakarya dan kegiatan lainnya yang sejenis.

30 Desember 2020

Melalui dialog interaktif RRI Gorontalo, Rabu (30/12/2020), Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mendengarkan apa saja yang menjadi resolusi, harapan dan aspirasi masyarakat untuk Provinsi Gorontalo di tahun 2021 nanti. Hal ini terlihat saat Gubernur dengan santainya, berdialog dengan beberapa masyarakat yang bergabung via telpon seluler ke nomor interaktif RRI Gorontalo

30 Desember 2020

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menyalurkan bantuan program Stimulus Pemulihan Ekonomi Daerah (SPEDA) bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Rusli Habibie bersama Wakil Gubernur Idris Rahim di rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Rabu (30/12/2020).

Pemprov Gorontalo melalui Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan mengalokasikan anggaran untuk bantuan program SPEDA sebesar Rp3,5 miliar. Anggaran itu disalurkan ke 2.270 UMKM di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Gorontalo Utara, Boalemo, dan Pohuwato.

31 Desember 2020

Sebanyak 900 pekerja di sektor pariwisata yang terdiri dari karyawan hotel, rumah makan, salon, dan kelompok sadar wisata, menerima bantuan pangan bersubsidi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo. Bantuan diserahkan oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim pada kegiatan Bakti Sosial NKRI Peduli yang berlangsung di aula rumah jabatan Wagub Gorontalo, Kamis (31/12/2020).

“Bantuan ini untuk kedua kalinya diberikan kepada pekerja sektor pariwisata, sebelumnya pada bulan September 2020, Pemprov Gorontalo juga telah memberikan bantuan pangan bersubsidi kepada 660 pekerja pariwisata,” kata Wagub Idris Rahim.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top