BAKTI Akan Bangun BTS di 9 Desa di Gorontalo Utara - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

BAKTI Akan Bangun BTS di 9 Desa di Gorontalo Utara

Republikpos, Gorut – Sejumlah Base Transceiver Station (BTS) akses internet bantuan dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan dibangun di sembilan desa di Kabupaten Gorontalo Utara yang mengalami blank spot wilayah seluler.

Mendangar kabar baik tersebut, Bupati Gorut Indra Yasin segera menggelar pertemuan dengan lima camat bersama sembilan kepala desa guna membahas rencana pembangunan tower BTS tersebut.

“Alhamdulillah hari ini saya ketemu dengan lima camat bersama sembilan kepala desa dalam rangka untuk pembangunan tower itu,” ujar Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin usai melakukan rapat di Aula Tinepo Kantor Bupati Gorontalo Utara, Selasa (5/1/2021).

Bupati Indra mengaku sangat berterima kasih dan sangat bersyukur Gorut memperoleh kesempatan mendapatkan pembangunan tower tersebut.

“Pembangunan tower tersebut untuk sembilan desa di lima kecamatan, ¬†yakni Kecamatan Tolinggula, Sumalata, Anggrek, Kwandang dan Monano,” ungkapnya.

Indra menjelaskan dengan akan dibangunnya tower BTS tersebut, sinyal di beberapa desa seperti di Desa Dunu, dan Tolitehuyu sudah bisa di akses.

“Terjawab sudah keresahan masyarakat yang ada di Desa Dunu dan Tolitehuyu, insya allah tahun 2021 ini pembangunan tower BTS segera dikerjakan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Gorontalo Utara Robin Daud mengatakan rapat bersama para camat dan kepala desa sebagai tindak lanjut dari surat Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) menyangkut kesiapan pemerintah daerah atas lokasi pembangunan BTS dan akses internet.

“Selama ini kurang lebih ada 11 atau 12 wilayah blank spot yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara yang betul-betul nol sinyal,” ucap Robin.

Beberapa tahun kemarin kata Robin, Gorut sudah mendapatkan program tersebut dari BAKTI di tiga lokasi yakni Tombulilato, Cempaka Putih dan Papualangi dengan signal 4G akses telekomunikasinya layanan publik. Berbeda dengan tahun 2021 ini, kelebihannya adalah setiap desa menerima pembangunan tower BTS untuk blank spot itu juga menerima akses internet untuk kantor desa.

“Jadi pemerintah daerah berdasarkan pernyataan pak bupati kemarin, bahwa siap menyiapkan lokasi maka pihak BAKTI memprioritaskan mana daerah yang sudah siap itu yang diprioritaskan, makanya kita di awal tahun sudah bergerak dan suratnya resmi,” jelasnya.

“Insya Allah dalam waktu dekat akan dilakukan tindak lanjut survei setelah survei oleh tim survei bakti, setelah itu baru tahapan pembangunan dan tidak lama,” pungkas Robin.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top