Pemkab Gorut dan pemkot Bitung Jalin Kerja Sama Antar Sektor Daerah - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Pemkab Gorut dan pemkot Bitung Jalin Kerja Sama Antar Sektor Daerah

Republikpos, Gorut – Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu mendorong pemerintah daerah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Bitung, Sulawesi Utara. Menurut Thariq, hal ini penting dilakukan untuk mengarahkan potensi kelautan dan perikanan yang dimiliki oleh kabupaten Gorontalo Utara mengingat Pemkot Bitung memiliki Kawasan Ekonomi Terpadu (KEP).

“Saya kira kerja sama di bidang kelautan dan perikanan sangat penting. Karena dua daerah ini ada di pesisir utara dengan karakter yang sama dan khusus untuk Bitung sendiri. Itu sudah menjadi sebuah pelabuhan penghubung internasional,” ungkap Thariq Modanggu usai menerima kunjungan kerja studi komparasi Pemerintah kota Bitung, Sulawesi utara di Aula Tinepo Kantor Bupati, Jumat (27/11/2020).

Dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak menghasilkan tiga poin rencana yang akan ditindaklanjuti antara lain, kerja sama di bidang kelautan dan perikanan, kerja sama bidang sosial dan kerja sama masuk menjadi anggota Badan Kerja Sama Utara-Utara (BKSU).

Terkait kerja sama di bidang sosial, Wabup Thariq menjelaskan kedua daerah harus memiliki kesepahaman dalam rangka penanganan masalah sosial.

“Jangan nanti ketika ada masalah, lalu kemudian kita diminta bertanggung jawab. Sehingga melalui kerja sama ini, maka warga kita di kota Bitung ketika mendapat masalah dengan mudah kita bisa atasi,” ujarnya.

Soal BKSU sendiri kata Thariq, bagaimana Bitung masuk menjadi anggota BKSU yang sudah ada.

“Nah, kalau itu sudah jadi, maka akan memberikan manfaat yang luar biasa. Karena Bitung telah menjadi satu pelabuhan internasional sehingga sangat penting sinergitasnya dengan BKSU,” pungkasnya.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top