Bupati Gorut Terima Kunker Tim Pusterad, Ini yang Dibahas - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Bupati Gorut Terima Kunker Tim Pusterad, Ini yang Dibahas

Suasana pertemuan antara Brigjen TNI Eko Susetyo dengan Bupati Gorut Indra Yasin.

Republikpos, Gorut – Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin menerima kunjungan kerja tim dari Pusat teritorial Angkata Darat (Pusterad) yang dipimpin Kepala Kelompok Staf Ahli Pusterad (Kapok Sahli Pusterad) Brigjen TNI Eko Susetyo.

Selain Bupati, rombongan juga disambut unsru Forkopimda, pimpinan OPD serta para Camat  di Aula Tinepo, Kantor Bupati Gorut, Selasa (4/8/2020).

“Alhamdulillah tadi saya menerima kunjungan tim Pusterad yang di pimpin Brigjen Eko Susetyo. Tentu kami berterima kasih karena Gorontalo Utara ikut mendapat perhatian,” ujar Bupati Indra.

Bupati mengungkapkan kunjungan kerja tim Pusterad ini dalam rangka membahas tingkat kepatuhan dalam peningkatan pertahanan dan keamanan rakyat semesta atau ketahanan secara nasional, melalui kajian–kajian yang ada.

“Mereka berharap ada dari kearifan lokal yang boleh digunakan untuk pertahanan nasional di masing-masing wilayah,” ungkap Indra Yasin.

Menurut Indra, kearifan lokal dapat dipandang sebagai identitas bangsa, terlebih dalam konteks Indonesia yang memungkinkan kearifan lokal bertransformasi secara lintas budaya yang pada akhirnya melahirkan nilai budaya nasional.

“Di Indonesia kearifan lokal adalah filosofi dan pandangan hidup yang mewujudkan dalam berbagai bidang kehidupan tata nilai sosial maupun ekonomi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapok Sahli Pusterad, Brigjen TNI Eko Susetyo menyampaikan, pihaknya masih melakukan kajian berupa konsep apa saja yang dilandaskan pada sistem peningkatan pertahanan nasional berbasis kearifan lokal.

“Jadi sistem pertahanan ini kan melibatkan rakyat. Jadi, kami datang ke Bupati Gorut, karena Bupati adalah pemilik wilayah, dia adalah penguasa wilayah. Kita minta masukan dari wilayah, pertahanan semesta di Gorut, seperti apa yang menjadi masukan dari wilayah,” ucap Brigjen Eko.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top