Normalisasi Sungai Andagile Dimulai Tahun Ini - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Normalisasi Sungai Andagile Dimulai Tahun Ini

Ridwan Yasin (Sekretaris Daerah Gorontalo Utara) bersama tim normalisasi Balai Wilayah Sungai Sulawesi I

Republikpos, Gorut – Upaya pemerintah pusat melalui Balai Sungai Wilayah Sulawesi I merehabilitasi Sungai Andagile yang terletak di Kecamatan Atinggola mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Gorut, Ridwan Yasin, Jumat (24/7/2020)

“Komitmen pemerintah daerah diminta untuk, pertama menyatakan bahwa sungai Andagile ini benar-benar merupakan sungai yang bertahun-tahun belum teratasi dan berakibat pada penduduk yang bukan saja Gorontalo tetapi penduduk Sulawesi Utara juga,” ujar Sekda Ridwan.

“Kami juga diminta untuk mendorong, mendukung dan memberikan komitmen pembangunan itu dan itu sudah kami lakukan agar sungai Andagile ini segera mendapat perhatian pemerintah pusat,” tambahnya.

Sebagai tindak lanjut atas komitmen tersebut, Pemkab Gorut telah mengutus dinas terkait untuk mengantarkan dokumen asli terkait dengan dukungan pembangunan sungai Andagile.

“Saya sudah menerima laporan dari Dinas PUPR Gorut untuk segera berangkat ke Manado untuk menyampaikan dokumen asli. Pihak Balai Sungai Wilayah Sulawesi I juga sudah menghubungi kami bahwa pekerjaan itu akan dilaksanakan dengan sistem multiyears  dan sudah dilelang dengan anggaran sebesar Rp 50 miliar. Nah, untuk tahun ini Rp 5 miliar dan sudah ada pemenang tendernya.

Berdasarkan informasi, pengerjaan sungai Andagile terdiri dari 8 titik.

“Kami berharap dengan dikerjakannya sungai ini, maka dampak banjir dan longsor akibat luapan sungai bisa teratasi,” harap Ridwan.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top