BPBD Kabgor Produksi Hand Sanitizer dari Nira Aren dan Cap Tikus - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
alterntif text
Kabgor

BPBD Kabgor Produksi Hand Sanitizer dari Nira Aren dan Cap Tikus

Republikpos, Limboto – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo kini tengah memproduksi penyanitasi tangan atau hand sanitizer yang diberi merek NDP-912 berbahan dasar nira pohon aren. Saat ini tim BPBD mampu memproduksi sekitar 20 liter setiap harinya.

“Ini merupakan proses bahan bioetanol ke hand sanitizer yang diberi nama NDP-912. 912 itu artinya 9 komponen, satu skema proses dan dua kali penyulingan,” ungkap Sumanti Maku selaku Kepala BPBD Kabgor.

Sumanti menjelaskan dua kali penyulingan tersebut menghasilkan hand sanitizer dan disinfektan. Adapun sembilan komponen produksi antara lain tabung evaporator, tabung air pendingin, tabung kondensor, tabung hasil akhir, pipa paralon, pipa tembaga, hydro meter dan alat pengukur. Sementara bahan baku berasal dari nira pohon aren dan cap tikus.

Terpisah, Bupati Kabgor Nelson Pomalingo mengapresiasi kreativitas yang ditunjukkan tim BPBD Kabgor.

“Itulah yang selalu saya ingatkan, melawan corona itu harus cerdas dan bertanggungjawab. Cerdas artinya, harus berinovasi dan berkreasi seperti yang dilakukan BPBD Kabupaten Gorontalo dengan memproduksi hand sanitizer,” ujar Bupati Nelson saat meninjau lokasi penyulingan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top