Sembelih Hewan Kurban, Disnakkeswan Gorut Terapkan Protokol Kesehatan - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Sembelih Hewan Kurban, Disnakkeswan Gorut Terapkan Protokol Kesehatan

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gorut Asrin Umenu

Republikpos, Gorut – Protokol kesehatan akan diterapkan dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1441 Hijriah di Gorontalo Utara.

“Untuk teknisnya nanti, para petugas akan memakai baju hazmat sesuai standar protokol kesehatan yang berlaku mengingat saat ini penyebaran Covid-19 masih terjadi,” ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gorut Asrin Umenu, Rabu (8/7/2020).

Jelang Idul Adha kata Asrin, pihaknya menerima data hewan kurban yang akan disembelih, baik dari kelompok tingkat Desa, Kecamatan hingga Kabupaten yang berkisar 540 ekor hewan ternak sapi. Data 540 ekor sapi ini, naik dibandingkan tahun 2019 kemarin yang hanya berada dikisaran 500 ekor.

Khusus untuk dokumen bebas antraks kata Asrin, pihaknya fokus pada hewan ternak yang diambil dari luar Gorut dan harus dilengkapi dokumen yang menyatakan hewan ternak tersebut bebas dari penyakit antraks.

“Hewan kurban yang berasal dari luar Gorut harus mempunyai surat pengantar yang menyatakan hewan ternak tersebut sehat dan layak untuk disembelih,” ujarnya.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan drh. Yeni.

Terpisah, Kepala Seksi Kesehatan Hewan, drh. Yeni menyampaikan untuk pemeriksaan hewan ternak akan menggunakan sistem pemeriksaan Antemortem dan Postmortem, ditambah dengan dokumen lengkap bebas antraks dari instansi terkait.

“Pemeriksaan hewan nantinya akan lebih diperketat, tujuannya agar hewan yang disembelih memang hewan yang benar-benar sehat,” ucapnya.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top