Pembangunan Waduk Bone Ulu Jadi Prioritas Menteri PPN/Bappenas - REPUBLIKPOS.COM
Provinsi Gorontalo

Pembangunan Waduk Bone Ulu Jadi Prioritas Menteri PPN/Bappenas

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat memimpin rapat dengan pimpinan Satker Kementrian PUPR di Rumah Jabatan Gubernur, Selasa (7/7/2020). Rapat tersebut membahas sejumlah progres pembangunan infrastruktur, salah satunya kelanjutan pembangunan waduk Bulango Ulu. (Sumber Foto: Humas)

Republikpos, Gorontalo – Harapan akan pembangunan waduk Bone Ulu di Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango kini bertumpu pada Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional / Kepala Badan Perencanaan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengungkapkan jika Menteri Suharso telah memasukkan pembangunan waduk Bone Ulu sebagai prioritas utama di kementeriannya.

“Kita harus gunakan Pak Suharso, putra daerah yang sangat care dengan Gorontalo. Bahkan beliau kemarin WA saya menanyakan banjir. Beliau bilang, Pak Gubernur saya sudah masukkan prioritas utama untuk mengembalikan pembangunan waduk Bone Ulu, yang penting ada dukungan dari pemerintah dan masyarakat,” ucap Rusli usai Rapat Kerja dengan Satker Kementerian PUPR dan dinas terkait, Selasa (7/7/2020).

Waduk yang dulu diberinama Dumbaya Bulan itu sempat direncanakan pembangunannya oleh Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Pada tahun 1998, pihak Kementrian Bappenas dan Konsultan dari JICA sempat turun survei dan membuat desain awal.

Waduk Bone Ulu sejatinya sudah diusulkan masuk program strategis nasionl (PSN) di periode pertama Presiden Jokowi. Waduk itu belakangan dicoret dari daftar, hanya waduk Bulango Ulu yang diakomodir. Waduk Bulango Ulu saat ini dalam proses pembebasan lahan.

“Kenapa Bone Ulu terhambat? Karena saya ingat betul waktu itu tanggal 6 Juni. Sebulan setelah saya dilantik, saya rapat dengan presiden. Ketika itu saya mengeluarkan surat rekomendasi dari bupati (Bone Bolango), Pak Darmin (Menko Ekuin) juga mengeluarkan surat rekomendasi dari bupati yang tidak setuju. Lengkap dengan lampiran dari LSM dan masyarakat,” bebernya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top