Lahan Kantor Bakamla di Gorut Segera Dibebaskan - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Lahan Kantor Bakamla di Gorut Segera Dibebaskan

Ridwan Yasin (Sekda Gorontalo Utara) saat melakukan kunjungan kerja di Bakamla RI Zona Maritim Tengah di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Republikpos, Gorut – Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Ridwan Yasin mengunjungi Kantor Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Zona Maritim Tengah, di Kota Manado, Sulawesi Utara, Senin (6/7/2020) kemarin. Kedatangan Sekda Ridwan diterima langsung oleh Kepala Bagian Umum Zona Maritim Tengah Bakamla RI, Deddy Soeprapto.

Pertemuan tersebut membahas rencana pembangunan kantor dan dermaga Bakamla di Gorontalo Utara. Sebelumnya, pihak Bakamla telah melakukan kunjungan kerja ke Pemda Gorut terkait rencana tersebut.

“Memang kunjungan sudah dilakukan, hanya saja belum dipastikan secara tepat dimana lokasinya. Namun demikian, pihak Bakamla akan berkunjung lagi dan mereka sudah menyebut lokasinya yang di Gentuma. Nah, karena mereka minta lahan seluas 5 hektar, sehingga titik-titik lokasinya juga perlu kami pastikan,” beber Ridwan.

Sekda juga mengungkapkan, Pemda Gorut telah menyurati pihak Bakamla terkait tindak lanjut dari pembebasan lahan seluas 5 hektar tersebut.

“Lahan seluas 5 hektar itu diharapkan agar segera dibebaskan dan ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah guna memanjukan pembangunan di Gorut,” ungkap Ridwan.

Selain pembangunan kantor dan dermaga Bakamla, pertemuan ini juga membahas pengembangan pelabuhan Anggrek yang bakal menelan anggaran yang cukup fantastis, yakni Rp 1,1 triliun.

Sekda Ridwan menilai anggaran tersebut sangatlah wajar mengingat Kabupaten Gorut memiliki letak yang sangat strategis.

“Nah, ketika rencana perpindahan ibukota ke Kalimantan Timur sudah fix, maka Gorut menjadi salah satu kabupaten terdekat sehingga akan menjadi keuntungan tersendiri dari sisi pembangunan dan roda ekonomi,” ungkapnya.

Ridwan berharap penandatanganan kerjasama pengembangan pelabuhan Anggrek segera dilakukan awal 2021 mendatang.

“Saya kira penandatanganan kontrak bisa dilakukan di awal 2021,” harapnya.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top