Petani Keluhkan Kualitas Benih Jagung Bantuan Pemerintah - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Petani Keluhkan Kualitas Benih Jagung Bantuan Pemerintah

Republikpos, Gorut – Petani di Kecamatan Anggrek mengeluhkan kualitas benih jagung bantuan pemerintah yang dinilai tidak sesuai dengan permintaan mereka. Hal tersebut diutarakan anggota Komisi II DPRD Gorontalo Utara Lukum Diko.

“Seharusnya benih bantuan yang diserahkan kepada masyarakat,  sesuai dengan permintaan para petani dan direalisasikan oleh dinas terkait, karena benih yang dipilih petani pada dasarnya sudah teruji dan bisa meningkatkan ekonomi mereka,” ujarnya, Senin (20/4/2020).

Dalam waktu dekat kata Lukum, Komisi II akan turun langsung ke lapangan guna menindakalanjuti aduan masyarakat tersebut.

“Kami akan agendakan dalam waktu dekat untuk turun lapangan dengan dinas terkait dan juga akan melakukan hearing terkait dengan persoalan ini,” ucapnya.

Terpisah, Arman Hasan salah seorang petani setempat mengatakan bantuan benih jagung varietas HJ yang disalurkan oleh para petugas lapangan tidak pernah diusulkan oleh para petani.

“Kami petani jagung di Kecamatan Anggrek sudah terbiasa dengan benih dengan varietas Bisi karena memang sudah teruji dan kwalitasnya sangat bagus. Kalau varietas HJ yang disalurkan tahun ini, kami khawatir kualitasnya tidak bisa meningkatkan perekonomian para petani di Kecamatan Anggrek ini,” ungkapnya.

Dirinya berharap DPRD Gorut bisa menyelesaikan persoalan bantuan benih ini hingga tuntas.

“Kami minta DPRD untuk bisa mengusut kasus ini, jangan sampai ada permainan antara distributor benih dengan para petinggi yang ada di dinas pertanian,” pungkasnya.

Pewarta: Iki

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top