Dampak COVID-19, Ketua DPRD Sebut Kabgor Alami Defisit Anggaran - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Kabgor

Dampak COVID-19, Ketua DPRD Sebut Kabgor Alami Defisit Anggaran

Republikpos, Limboto – Badan Anggaran DPRD Kabupaten Gorontalo bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Gorontalo menggelar rapat membahas anggaran penanganan COVID-19 di ruang Sidang Paripurna DPRD kabupaten Gorontalo, Kamis (2/4/2020) kemarin.

Ketua DPRD Kabgor Syam T. Ase, mengungkapkan saat ini Kabupaten Gorontalo mengalami defisit anggaran. Selain COVID-19, pelaksanaan Pilkada juga menyedot anggaran hampir Rp 60 miliar.

“Berkurangnya DID juga menjadi faktor defisit anggaran. Jika di tahun-tahun sebelumnya kita mendapatkan Rp 30 miliar untuk DID, maka tahun ini yang kita dapat tinggal Rp 9 miliar sehingga perlu dilakukan rasionalisasi,” ungkapnya.

Adanya wabah COVid-19 kata Syam T. Ase, mengakibatkan beberapa sektor sebagai pendapatan daerah menjadi tidak maksimal. Misalnya menurunnya pariwisata dan perhubungan juga kebijakan pemerintah menggratiskan beberapa persen pemakaian listrik.

“Jadi PAD saat ini tinggal bergantung pada pasar, jika pasar juga tutup maka PAD akan benar-benar anjlok,” ujarnya.

Politisi PPP ini menambahkan, DPRD Kabgor akan memaksimalkan anggaran terkait COVID-19 ini.

“Namun Jika Pilkada benar-benar ditunda dan akan dilaksanakan pada 2021 maka sisa anggaran yang berada di KPU dan Bawaslu akan menutup itu, maka defisit anggaran akan kembali normal,” paparnya.

Pewarta: Arna

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top