Cegah COVID-19, Gubernur Minta Anak Buah Kapal Lakukan Ini - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Provinsi Gorontalo

Cegah COVID-19, Gubernur Minta Anak Buah Kapal Lakukan Ini

Republikpos, Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta kepada setiap Anak Buah Kapal (ABK) yang kapalnya bersandar diminta untuk tidak turun. Akodomasi selama berada di kapal menjadi tanggungjawab pemilik atau agen kapal.

“ABK tidak bisa turun kecuali diyakini bahwa yang bersangkutan tidak mengidap penyakit. Termasuk suhu badannya normal. Harus dipantau kesehatannya,” ungkapnya saat meninjau pelaksanaan protokol kesehatan di Pelabuhan Gorontalo, Senin (31/3/2020).

Imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Gorontalo nomor 800/Dishub/387/III/2020 tentang upaya pencegahan penularan Covid-19 di pelabuhan laut dan pelabuhan penyeberangan.

 

Sementara itu dalam peninjauan ini, Gubernur Rusli melihat langsung penerapan protokol kesehatan di Kapal Sabuk Nusantara 102 yang berlabuh di Pelabuhan Gorontalo. Petugas melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan ke barang dan tubuh penumpang untuk mencegah penularan virus corona.

“Saya ingin melihat SOP-nya bagaimana. Alhamdulillah sudah jalan, dibantu teman-teman TNI Polri dan alat-alatnya sangat aman digunakan,” ujarnya.

Gubernur Rusli bersyukur hingga saat ini belum ada konfirmasi kasus positif corona di Gorontalo. Ia berharap kondisi ini bisa terus bertahan. Selain penjagaan di semua pintu masuk, peran dan kesadaran masyarakat untuk menaati imbauan pemerintah bisa dilaksanakan dengan baik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top