Pemkab Gorut Gelar Job Fit untuk Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama - REPUBLIKPOS.COM
Uncategorized

Pemkab Gorut Gelar Job Fit untuk Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Ridwan Yasin (Sekretaris Daerah Gorontalo Utara) saat membuka Uji Kesesuaian pejabat tinggi Pratama di Grand Q hotel Gorontalo.

Republikpos, Gorut  – Sekretaris Daerah Gorontalo Utara Ridwan Yasin menyebut asesmen dilakukan untuk pembenahan atau rotasi pejabat di lingkup Pemkab Gorut. Menurutnya, hal tersebut merupakan kewajiban baik pemerintah pusat hingga daerah yang telah di atur dalam UU Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melindungi ASN itu sendiri.

“Ini merupakan kewajiban yang harus di lakukan oleh pemerintah Baik di tingkat pusat maupun daerah. Dan ini tentunya mengacu pada peraturan dan perundang undangan yang berlaku yang melindungi ASN, dan ini bentuk perlindungan kepada ASN,” ungkapnya saat membuka Uji Kesesuaian Kualifikasi dan Kompetensi (Job Fit) bagi pejabat Pimpinan Tinggi Pratama lingkup Pemkab Gorut yang berlangusng di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Selasa  (24/3/2020).

Sekda Ridwan menyampaikan Job Fit merupakan tahapan untuk memenuhi aturan sebelum dilakukan rolling pejabat agar tidak terjadi kejenuhan ketika melaksanakan tugas yang cukup lama di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Dimana setiap dua tahun di lakukan Job Fit, artinya bahwa pejabat sekarang ini bisa di ibaratkan seperti HP yang harus di restar kembali. Nah, sehingga itu mungkin kalau pada pegawai itu sendiri tentu ada upaya yang dilakukan, dengan cara dioptimalkan yang tujuannya untuk membantu dalam melancarkan pelaksanaan tugas- tugas pemerintahan bukan kepentingan pribadi,” tuturnya.

Ridwan menambahkan Job Fit ini juga bertujuan untuk menggali dan memetakan kompetensi yang dimiliki oleh para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkup Pemkab Gorut. Selain itu, lewat Job Fit bisa melahirkan pejabat yang mampu menyatukan persepsi dalam melaksanakan program-program pemerintah.

“Perlu ada panyamaan presepsi pada setiap pelaksanaan tugas. Saya rasa lebih ke beradaptasi lingkungannya agar lebih semangat dalam melaksanakan program pembangunan yang ada di daerah ini,” paparnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top