Fory Dorong Kelompok Dasawisma Berperan Aktif Maksimalkan Program HATINYA PKK - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Fory Dorong Kelompok Dasawisma Berperan Aktif Maksimalkan Program HATINYA PKK

Republikpos, Limboto – Ketua TP PKK Kabupaten Gorontalo Fory Naway berharap kelompok Dasawisma lebih berperan aktif dalam membantu penyuluhan di setiap kegiatan dan pertemuan PKK agar program HATINYA (Halaman, Asri, Teratur, Indah dan NYAman) bisa bermanfaat bagi masyarakat terutama dari sisi ekonomi.

“Ya, diantaranya seperti penyuluhan dalam kegiatan dan pertemuan PKK, baik dari tingkat Kecamatan/Kelurahan/RW/RT/Kelompok masyarakat dalam upaya peningkatan rumah kurang sehat menjadi rumah sehat. Demikian juga dalam membantu mengadakan pendataan rumah sehat dan kurang sehat,” ungkapnya.

Fory menambahkan melalui program HATINYA PKK, masyarakat diharapkan dapat mengelola pekarangan/halaman rumahnya dengan berbagai macam tanaman, baik tanaman buah dan sayur, tanaman obat, dan tanaman hias.

“Dengan tujuan agar pekarangan/halaman rumahnya tampak lebih asri, teratur dan nyaman untuk dilihat. Dengan gerakan bersama ini diharapkan akan semakin memberikan kesadaran kepada masyarakat arti pentingnya keasrian, keteraturan, keindahan dan kenyamanan,” ungkapnya.

Pemanfataan pekarangan kata Fory, dapat menjadi ‘lumbung hidup’, yaitu pekarangan yang ditanami dengan tanaman produktif, tanaman obat, tanaman hias, dan lain sebagainya yang memberikan nilai ekonomi tinggi.

“Kemudian bisa juga menjadi ‘warung hidup’, dimana sebagian bisa ditanami dengan sayur dan buah yang nantinya bisa dimanfaatkan setiap hari. Lalu, ‘apotik hidup’. Nah, masyarakat bisa menanam tanaman toga yang juga sewaktu-waktu dapat diperlukan sebagai pertolongan pertama apabila sakit,” bebernya.

Bunda PAUD Kabgor ini berharap, HATINYA PKK dapat terwujud melalui sarana gotong royong seluruh keluarga dengan mengoptimalkan tanaman pangan yang produktif yang nantinya dapat bernilai ekonomi tinggi serta dapat juga digunakan sebagai ‘tabungan’.

“Maka dari itu, sebagai anggota PKK patut memberi contoh baik bagi masyarakat, terutama dalam pemanfaatan pekarangan,” harapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top