Syarif Mbuinga Terima Gelar Adat Tauwa Lo Madala - REPUBLIKPOS.COM
Pohuwato

Syarif Mbuinga Terima Gelar Adat Tauwa Lo Madala

Proses pemberian gelar adat kepada H. Syarif Mbuinga, S.PdI, SE, MM (bupati kabupaten pohuwato)

Republikpos, Pohuwato – Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga menerima gelar adat Ulipu Duluwo Limo Lo Pohala’a Lo Hulondalo To Pohuwato dari pemangku adat Bate Ulipu Duluwo Limo Lo Pohala’a.

Pengukuhan Pulanga Kepada Bupati Syarif berlangsung di rumah adat Pohuwato yang dihadiri Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras, para unsur pemerintah Provinsi Gorontalo, Bupati Gorontalo Utara yang diwakili Kadis Lingkungan Hidup, Ilyas Lagaresu, Ketua DPRD Nasir Giasi, Sekda Djoni Nento, Pimpinan OPD, Camat, Pemangku Adat se-Provinsi Gorontalo, pemangku adat Pohuwato bersama para imam dan pegawai syari’i, Senin (9/3/2020).

Wabup Amin Haras mewakili pemerintah daerah dan juga masyarakat Pohuwato menyampaikan terima kasih dan apresiasi penghargaan kepada para pemangku adat Bate Ulipu Duluwo Limo Lo Pohala’a dan seluruh jajaran dan pemangku adat yang ada di Provinsi Gorontalo yang telah menyelenggarakan sidang adat untuk mengukuhkan pulanga yang nantinya akan dianugerahkan kepada Syarif Mbuinga selaku Bupati Pohuwato.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan pemberian gelar adat kepada Bupati Pohuwato,” ucapnya.

Wabup Amin menambahkan, pemberian gelar adat kepada Bupati Pohuwato ini telah melalui tahapan ataupun adat yang sudah dilakukan sejak dari awal oleh para pemangku adat serta berjalan aman dan lancar.

“Penganugerahan gelar adat ini adalah suatu penghargaan yang sangat tinggi di daerah adat kita Gorontalo terhadap seorang figur atau pejabat yang sudah melalui pengkajian dan penilaian serta pengamatan dari masyarakat melalui sesepuh para pemangku adat di daerah Duluo Limo Lo Pohala’a,” tambahnya.

Sementara itu mewakili Bupati Gorontalo Utara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ilyas Lagarusu menyampaikan, bahwa gelar pulanga kepada Bupati Syarif Mbuinga sudah sesuai dengan ketentuan adat yang berlaku dimana dalam masa kepemimpinan Bupati Syarif Mbuinga di lingkungan pemerintahan selalu good governance dan clean governance.

“Dengan prestasi beliau dalam memimpin Kabupaten Pohuwato selama 2 periode, pemberian gelar adat yang telah disematkan kepada sang bupati memanglah sudah sesuai dengan kaidah-kaidah adat istiadat yang belaku,” ungkapnya.

Setelah mendengar penyampaian perwakilan Bupati Gorut serta persetujuan dari pemangku adat Ulipu Duluwo Lima Lo Pohala’a, maka Wabup Amin Haras yang bertindak sebagai perwakilan dari pemerintah daerah mengukuhkan gelar adat pulanga kepada Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga.

Pewarta: Iki

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top