Kemenhub Alokasikan Rp 119 M untuk Pembangunan Bandara Pohuwato - REPUBLIKPOS.COM
Pohuwato

Kemenhub Alokasikan Rp 119 M untuk Pembangunan Bandara Pohuwato

Drs. H. Amin Haras ( wakil bupati pohuwato) saat menghadiri pertemuan Pelepasan kawasan hutan produksi.

Republikpos, Pohuwato – Tim terpadu pelepasan kawasan Hutan Produksi Konversi (HPK) untuk pembangunan bandara di Kabupaten Pohuwato memaparkan hasil penelitiannya di Ruang Rapat Rimbawan IIIb, Gedung Manggala Wanabakti Blok II Lantai 2 Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Dalam pemaparan ini turut hadir Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras didampingi Kadis Perhubungan, Yunus Mohamad, Kadis Lingkungan Hidup, Bahari Gobel dan Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh.

Wabup Amin mengungkapkan, pemaparan tersebut merupakan lanjutan dari proses pelepasan HPK yang dilaksanakan tim terpadu.

Alhamdulillah tim terpadu menyimpulkan bahwa kawasan hutan lindung yang kurang lebih 42 Ha yang berada di kawasan pembangunan bandara pohuwato sudah layak untuk dilepas, sehingga proses selanjutnya tim terpadu akan menyusun dokumen hasil dari lapangan untuk di ajukan kepada Menteri LHK untuk penerbitan SK Pelepasan,” ungkapnya.

“Ini merupakan proses dari SK Pelepasan sesuai protap di KLHK yang memerlukan waktu penetapan dalam 24 hari kedepan, ¬†setelah dokumen itu sudah selesai disusun dan diserahkan ke pihak Kementerian,” tambahnya.

Wabup mengatakan dengan keluarnya SK Pelepasan kawasan hutan ini maka proses lanjutan pembangunan Bandara Pohuwato, tidak ada lagi kendala atau permasalahan yang mengganjal dalam pelaksanaan proyek itu.

“Rencana pembangunan Bandara Pohuwato, sudah masuk pada proyek strategis nasional. Kalau ini jadi secara otomatis pemerintah pusat akan turut serta dalam menyelesaikan progres pembangunan Bandara Bohuwato,” ucap Amin.

Wabup juga menambahkan, setelah keluarnya SK Pelepasan, Kementerian Perhubungan telah mengalokasikan anggaran kurang lebih Rp 119 miliar yang dianggarakan pada tahun 2021. Anggaran tersebut nantinya akan diperuntukkan pada lanjutan pembangunan runway berupa pengaspalan serta kelengkapan atau sarana prasarana bandara lainnya.

“Semoga seluruh proses tahapan rencana pembangunan bandara di Bumi Panua Pohuwato terlaksana pada tahun 2022 nanti hingga selesai dan bisa menjadi icon pembangunan yang ada di Kabupaten Pohuwato,” tutur Wabup Amin.

Pewarta: Iki

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top