Pemkab Gorut Tingkatkan Kapasitas Petugas Hepatitis - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Pemkab Gorut Tingkatkan Kapasitas Petugas Hepatitis

saat membuka Kegiatan peningkatan petugas Hepatitis di kwandang.

Republikpos, Gorut – Petugas Kesehatan dalam tata laksana dan manajemen program Hepatitis di layanan kesehatan diharapkan mampu untuk mendukung program pemerintah.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Ridwan Yasin saat membuka Kegiatan Peningkatan Kapasitas Petugas “Hepatitis” Tingkat Kabupaten Gorontalo Utara tahun 2020 yang diikuti oleh utusan masing-masing Puskesmas yang ada di Gorut bertempat di Aula Gra Anbril, Desa Moluo, Rabu (4/3/2020).

“Tentu ini tujuannya meningkatkan kapasitas para petugas kesehatan dalam mendukung program pemerintah daerah,” ungkapnya.

Sekda Ridwan menambahkan, salah satu hal yang dibahas pada kesempatan tersebut mengenai hepatitis yang kerap kali menyerang masyarakat.

Hepatitis merupakan peradangan hati yang disebabkan oleh bakteri, parasit, virus, autoimmune, dan alkohol. Hepatitis Virus adalah salah satu menjadi dasar dalam menganggu kesehatan dalam tubuh manusia yang sangat membahayakan kepada masyarakat.

“Virus Hepatitis ini bisa jadi disebabkan oleh bakteri, parasit, alkohol. Sehingga dari keseluruhan penyebab tersebut yang menjadi masalah kesehatan masyarakat adalah Hepatitis Virus,” ujar Sekda.

Ridwan menambahkan, banyak kasus penularan hepatitis yang terjadi ketika proses persalinan. Akibatnya, bayi yang lahir dari ibu dengan hepatitis memiliki potensi yang membahayakan.

“Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan deteksi hepatitis kepada ibu hamil,” ucapnya.

Sekda Ridwan berharap kepada semua petugas Hepatitis harus dapat meningkatkan kinerja dalam mencegah terjadinya wabah penyakit ini di daerah.

“Tentu kinerja harus ditingkatkan agar supaya penyakit ini dapat tercegah dengan baik dan tetap mempertahan penghargaan yang diberikan oleh Pemprov,” harapnya.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top