Langkah Pemda Antisipasi Abrasi Sungai Motihelumo, Alihkan Arus Sungai Hingga Buat Tanggul - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Langkah Pemda Antisipasi Abrasi Sungai Motihelumo, Alihkan Arus Sungai Hingga Buat Tanggul

Ridwan Yasin (Sekretaris Daerah Gorontalo Utara) saat meninjau sungai motihelumo.

Republikpos, Gorut – Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Ridwan Yasin akan memprioritaskan penanganan kerusakan akibat dampak banjir yang terjadi di Desa Motihelumo, Kecamatan Sumalata Timur. Respon tersebut dilakukan untuk mengantisipasi meluasnya abrasi sungai di desa tersebut.

Hal itu diungkapkan Sekda Ridwan saat melakukan peninjauan lokasi rumah warga yang terdampak abrasi sungai di Desa Motihelumo, Selasa (3/3/2020). Ridwan mengatakan selain melakukan normalisasi sungai, pihaknya juga akan mencarikan solusi bagi pemilik rumah yang terkena dampak abrasi.

“Untuk pemilik rumah yang terkena dampak kita upayakan ada rumah pengganti dan itu akan kami prioritaskan terlebih dulu,” ujarnya.

Sekda menambahkan, jika pemilik rumah tidak termasuk dalam data terpadu Pemerintah daerah, maka Pemda akan memberikan kebijakan terhadap warganya yang terkena musibah.

“Kita dari Pemda akan berupaya agar pemilik rumah yang terkena dampak abrasi bisa mendapatkan rumah pengganti,” ucap Ridwan.

Ridwan menuturkan untuk mengantisipasi meluasnya abrasi sungai Motihelumo, Pemda melalui Dinas Pekerjaan Umum akan melakukan pengalihan arus sungai dan selanjutnya akan membuat tanggul di sekitar sungai Motihelumo.

“Pemda akan bekerja sama dengan pihak BWS untuk pembuatan tanggul serta bronjong di seputaran sungai Motihelumo,” ungkapnya.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top