Sekda Gorut Minta Pemdes Bijak Kelola Dana Desa - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Sekda Gorut Minta Pemdes Bijak Kelola Dana Desa

Republikpos, Gorut – Dalam rapat kerja percepatan penyaluran dan pengelolaan dana desa di Belle Limbui, Kamis (20/2/2020), Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Ridwan Yasin mengintruksikan kepada semua desa untuk lebih bijak dalam pengelolaan dana desa.

Pasalnya, pemerintah pusat mengucurkan begitu banyak dana desa bertujuan agar kemajuan pembangunan serta dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

“Anggaran Dana Desa untuk Gorut tahun ini berjumlah ¬†104.339.462.000, di bandingkan pada tahun 2019, kurang lebih 101.119.813.000. Sehingga dengan begitu banyak dana desa yang masuk ke Gorut, kami minta agar pemerintah desa untuk bisa mengelola anggaran ini dengan baik dan benar,” ujar Sekda Ridwan.

Ridwan ingin proses pencairan dan penyaluran dana desa lebih di percepat, jika pencairannya lambat akan berdampak pada program-program yang dilaksanakan oleh pemerintah desa itu sendiri.

“Proses pencairan dan penyaluran Dana Desa harus dilaksanakan secara disiplin dan tepat waktu. Kalau perlu dipercepat sehingga tidak menghambat program pembangunan lainya,” ungkapnya.

Sekda menyebut untuk pencairan dana desa tahap I, kurang lebih Rp 41 miliar sehingga dari 123 desa di Gorut, 5 di antaranya yang sudah dicairkan melalui rekening desa.

Ridwan menambahkan, desa perlu difasilitasi untuk memprioritaskan penggunaan Dana Desa untuk kegiatan pembangunan desa yang bersifat produktif dan berkelanjutan secara ekonomi.

“Pencairan dana desa untuk tahap I itu kurang lebih Rp 41 miliar. Dari 123 desa, ada 5 desa yang sudah dicairkan melalui rekening desa. Tentu dana desa ini diharapkan lebih berkiprah pada ¬†pengembangan produk-prooduk unggulan,” harapnya.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top