Normalisasi Sungai Lemito Dilakukan Tahun 2021 - REPUBLIKPOS.COM
Pohuwato

Normalisasi Sungai Lemito Dilakukan Tahun 2021

Drs. H. Amin Haras ( wakil bupati pohuwato) saat meninjau sungai lemito.

Republikpos, Pohuwato – Merespon keluhan masyarakat di Kecamatan Lemito terkait pendangkalan muara sungai Lemito, Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras bersama Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) II Gorontalo, Adenan Rasyid melakukan peninjauan ke lokasi yang dimaksud.

Sebelumnya, nelayan setempat mengaku kesulitan untuk melaut karena perahu yang akan digunakan ketika air surut sudah jauh dari bibir laut. Sehingga mereka sulit untuk keluar masuk melalui muara tersebut.

Wabup Amin mengatakan persoalan ini sudah disampaikan oleh masyarakat pada pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Lemito. Dimana nelayan tetap berusaha mendorong perahu ketika air surut dan kering, karena tidak ada jalan lain ketika mau melaut dan mau masuk kembali.

“Normalisasi sungai Lemito sangat mendesak, pasalnya itu sudah disampaikan pada kegiatan Musrenbang kemarin,” ucap Wabup Amin, Selasa (18/2/2020).

Amin menambahkan, jika tidak dilakukan normalisasi bisa dipastikan warga Lemito yang berprofesi sebagai nelayan tidak bisa memasarkan hasil ikan tangkapannya.

“Keluhan masyarakat mengenai endapan sungai, dimana sudah banyak tumpukkan kayu, pohon maupun rerumputan, sehingga ketika banjir, air itu tidak langsung keluar tapi tertahan dengan endapan yang ada di muara itu,” papar Wabup Amin.

Usai meninjau lokasi, Wabup Amin menyebut pihak BWSS II Gorontalo berjanji akan melakukan normalisasi sungai Lemito pada tahun anggaran 2021.

“Alhamdulillah ini sudah ditinjau oleh Kepala BWSS II Gorontalo bersama timnya dan Insya Allah itu sudah dijanjikan akan di programkan pada 2021,” ungkap Wabup Amin.

Pewarta: Iki

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top