Sirajudin Minta David Bobihoe Jangan Bawa Dewan Adat Dalam Urusan Politik - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Sirajudin Minta David Bobihoe Jangan Bawa Dewan Adat Dalam Urusan Politik

Republikpos, Limboto – Tokoh masyarakat Gorontalo, Sirajudin Hutuba meminta David Bobihoe untuk belajar kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. Sirajuddin menilai, mantan Bupati Kabgor tersebut telah merusak tatanan adat dengan menarik dewan adat ke dalam urusan politik yang rentan dengan konflik.

“David Bobihoe mestinya belajar dari apa yang dilakukan oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. Beliau jadi Gubernur dua periode tanpa menggunakan dewan adat sebagai alat politik. Bahkan kita hampir tidak pernah mendengar bahwa lembaga adat dilibatkan dalam menentukan siapa jadi apa dalam pemerintahan Provinsi Gorontalo,” ujar Sirajudin, Sabtu (15/2/2020).

Hal tersebut disampaikan Sirajuddin menanggapi pernyataan David Bobihoe yang mempersoalkan langkah Bupati Nelson Pomalingo yang tidak melibatkan dewan adat dalam berbagai urusan pemerintahan.

“Kalau David Bobihoe ingin menjagokan istrinya atau orang partainya jadi bupati, silahkan saja. Tapi jangan menggunakan politik pecah belah. Selain tidak etis, cara seperti ini juga bertentangan dengan nilai adat kita,” tegas Sirajudin.

Menurut Sirajudin, justru Bupati Nelson Pomalingo memiliki perhatian besar terhadap lembaga adat. Selalu berdiskusi dengan para tokoh adat, bahkan Bupati memberikan porsi anggaran daerah untuk kelembagaan dewan adat mengingat dedikasi dewan adat sangat besar untuk perbaikan Gorontalo.

“Saran saya sebaiknya David Bobihoe jangan membanding-bandingkan apa yang dilakukan rezimnya dengan rezim Bupati Nelson Pomalingo. Malah sebaiknya David Bobihoe harus bersikap bijak. Biarlah urusan pemerintahan diurus oleh bupati yang sedang menjabat,” ucapnya.

Pewarta: Alpian Biga

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top