Bantah Keras Pemberitaan Media, Darisman: Jangan Mengadu Domba - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Bantah Keras Pemberitaan Media, Darisman: Jangan Mengadu Domba

Republikpos, Limboto – Berita salah satu media online di Gorontalo yang mengutip pernyataan Darisman Katili selaku Bate lo Limutu terkait pengangkatan camat oleh Bupati Kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo menuai polemik.

Darisman Katili membantah keras isi berita yang menyebut Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo tidak lagi melibatkan lembaga adat dalam pengangkatan camat.

“Jadi saya luruskan, pernyataan yang ada dalam pemberitaan itu sudah ditambah-tambah. Karena kami tahu, pengangkatan camat itu sudah ada aturannya,” ujar Darisman, Jumat (14/2/2020).

Menurut Paci Maniko sapaan akrab Darisman, lembaga adat hanya sebatas dimintakan fatwa, itupun jika diinginkan oleh Bupati baru lembaga adat bisa memberikan masukan.

“Selama tidak dimintakan fatwa, kita pun tidak bisa mencampuri karena itu wewenang dari pemerintah dalam hal ini bupati,” tegasnya.

Paci mengatakan, kecuali dalam pelaksanaan “Toopu” atau penjemputan camat yang harus dilakukan secara adat, namun lembaga adat tidak dilibatkan maka hal tersebut sudah tidak menghargai karena disitu ada peran dari lembaga adat.

Darisman berharap kepada media massa, jika memberitakan sesuatu harus sesuai dengan apa yang disampaikan.

“Jangan menambah-nambah apalagi sifatnya mengadu domba. Jurnalis juga punya kode etik, jangan sampai merugikan orang lain,” ujarnya.

Pewarta: Alpian Biga

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top