Kabupaten Gorontalo Tercepat dan Terbanyak Penyaluran dana Desa tahap Pertama Tahun Ini - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Kabupaten Gorontalo Tercepat dan Terbanyak Penyaluran dana Desa tahap Pertama Tahun Ini

Republikpos, Limboto – Kabupaten Gorontalo kembali menjadi daerah tercepat dan terbanyak dalam penyaluran Dana Desa tahap pertama tahun ini. Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Fahma Sari Fatma usai Teleconference dengan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, di kantor Kanwil Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Rabu (29/01/2020). Dalam Teleconference dengan Menteri di Kantor Kementerian Desa PDTT di Jakarta, turut dihadiri oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

“Jadi ini hal yang membanggakan bahwa Kabupaten Gorontalo tidak hanya tercepat di Provinsi Gorontalo tapi termasuk tercepat di Indonesia. Hanya ada di Kabupaten Gorontalo dan satunya lagi di Kalimantan selatan  dan beberapa desa di Madiun,” ungkap Fahma.

Menurut Fahma Sari Fatma, prestasi ini sangat membanggakan dan membuat bahagia bagi masyarakat. Amanah dari pemerintah untuk segera menyalurkan dana desa dapat segera dinikmati warga.

“Ini merupakan bentuk sinergitas kita, badan keuangan dengan dirjen perbendaharaan perwakilan Gorontalo, KPPN Gorontalo dengan pemerintah daerah serta kepala desa tentunya,” ucap Fahma.

Fahma menambahkan, dalam pengawalan penyaluran dana desa, dirinya meyakini bahwa tata kelola harus dijaga karena setiap tingkatan mempunyai penanggungjawab.

“Jadi, kalau level provinsi ada di dirjen perbendaharaan korodinasinya sehingga koordinasi pemprov clear lalu di tingkat Kabupaten ada KPPN yang langsung berkoordinasi dengan pemda-pemda,” tambahnya.

Fahma menegaskan, mulai tahun ini penyaluran dana desa dari kas negara langsung ke rekening desa. Dirinya juga menyampaikan jika sistem penyaluran tidak terlalu berbeda, hanya saja besaran yang disalurkan berbeda.

“Tahun lalu tahap pertama 20 persen maka tahun ini 40 persen. Sistemnya di balik dengan harapan diawal banyak disalurkan ke desa, agar desa bisa menggeliat melaksanakan program pembangunan sesuai pesan pak Menteri,” ucap Fahma.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Desa Kabupaten Gorontalo Nawir Tandako mengatakan, tahap pertama pencairan desa di Kabupaten Gorontalo yakni untuk 13 desa.

Nawir menyebut, hal tersebut merupakan harapan Bupati. “Komitmen pimpinan mulai dari pemerintah daerah hingga di desa juga penting. Karena bisa cepat itu kalau APBDesanya. Strateginya bagaimana mempercepat pencairannya. Persyaratannya, APBDesanya cepat selesai, regulasi Bupati selesai dan cepat, kemudian laporan berjalan dengan lancar dan itu diantisipasi sehingga Alhamndulillah, selama ini kita jalan dan tidak ada masalah,” tuturnya.

Pewarta: Alpian Biga

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top