Anak Nelayan di Kabgor Gratis Kuliah di Politeknik Bitung - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Anak Nelayan di Kabgor Gratis Kuliah di Politeknik Bitung

Republikpos, Limboto – Masyarakat pra sejahtera khususnya masyarakat nelayan di Kabupaten Gorontalo bakal mendapat kesempatan untuk bisa mengenyam pendidikan secara gratis di Politeknik Perikanan dan Kelautan Bitung, Sulwesi Utara.

Hal tersebut diungkapkan Viktor Asiku selaku Kepala Bagian kerjasama Global mewakili Bupati Gorontalo usai menghadiri penandatanganan kerja sama (PKS) antara Pemkab Gorontalo dengan Politeknik Perikanan dan Kelautan Bitung, Senin (27/1/2020).

“Ya, seluruh biaya perkuliahan itu gratis dan sesuai arahan Bupati, PKS ini nantinya akan dikhususkan kepada masyarakat pra sejahtera (miskin-red). Tapi lebih dikhususkan ke masyarakat nelayan. Jadi khusus bagi mereka anak-anak nelayan,” ungkapnya.

Victor mengatakan, hubungan kerjasama ini sudah berjalan hampir 2 tahun yang kemudian diperkuat kembali hari ini lewat perjanjian kerjasama atau PKS.

Menurut Viktor, satu hal yang patut membanggakan bagi pemerintah daerah bahwa dalam berapa angkatan yang ada di Politeknik ini, dari 433 orang mahasiswa sebanyak 33 mahasiswa berasal dari Kabgor.

“Jadi sekitar 13 persen lebih anak-anak Gorontalo kuliah disana dan ini cukup membanggakan bagi kami,” papar Viktor.

Viktor menambahkan, kedepan Politeknik ini akan terus membuka penerimaan dan bagi kabupaten Gorontalo selaku mitra, proses rekrutmen nanti akan dibuka melalui Dinas Perikanan Kelautan kabupaten Gorontalo.

Viktor berharap, selesai kuliah mereka nantinya bisa mengabdikan diri. Termasuk pengabdian masyarakat dalam pengembangan Danau Limboto di sektor perikanan.

“Ilmu dapat, prakteknya juga dapat. Intinya, taruna dan taruni dapat memberikan ilmunya. Terutama bagi pengembangan dunia perikanan, baik tangkap hingga peternakan ikan di daerah,” harapnya.

Pewarta: Alpian Biga

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top