Hama Ulat Rayap Serang Lahan Petani di Pohuwato - REPUBLIKPOS.COM
Pohuwato

Hama Ulat Rayap Serang Lahan Petani di Pohuwato

Republikpos, Pohuwato – Serangan hama ulat rayap terhadap sawah dan tanaman jagung milik petani di 13 kecamatan di Kabupaten Pohuwato menjadi perhatian khusus pemerintah daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Syarif Mbuinga kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat melakukan kunjungan kerja ke Pohuwato dalam rangka evaluasi pelaksanaan program 2019 dan pemaparan program 2020 sumber dana APBD/APBN di Aula Panua Kabupaten Pohuwato, Rabu (22/1/2020) kemarin.

“Sekitar 5507 Hektar luas lahan milik petani di 13 kecamatan di Pohuwato, baik petani jagung dan sebagian petani sawah alami gagal panen akibat serangan hama ulat rayap,” ungkap Bupati Syarif.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Bupati meminta Dinas Pertanian untuk mengkaji sejauh mana dampak dan solusi yang akan di tempuh untuk penanganan masalah tersebut.

“Pak Gubernur, saya telah memerintahkan staf mengkaji secara matang dari tinjauan regulasi peraturan yang ada apakah serangan hama ini sudah masuk dalam kategori bencana di sektor pertanian atau darurat di sektor pertanian, bila mana sudah terpenuhi alasan-alasan normatifnya maka kami akan membuat langkah-langkah khusus dalam penanganan masalah tersebut,” ujar Bupati Syarif.

Syarif menambahkan, dengan segala keterbatasan pemerintah daerah tetap mengupayakan penanganan secara langsung terhadap masalah ini.

“Meski penyebaran hama sangat cepat, namun sebanyak 3/4 dari 5507 hektar lahan telah kita intervensi penanganannya,” ucapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top