Bendera Merah Putih Sepanjang 2301 Meter Masuk Rekor MURI - REPUBLIKPOS.COM
Provinsi Gorontalo

Bendera Merah Putih Sepanjang 2301 Meter Masuk Rekor MURI

pembentangan 2301 meter bendera merah putih yang masuk dalam Rekor Museum Dunia Indonesia (MURI), didepan Kantor Pos Kota Gorontalo, Kamis,(23/1/2020).

Republikpos, Gorontalo – Bendera merah putih sepanjang 2301 meter dengan lebar 3 meter yang dibentangkan oleh 2301 siswa-siswi SMA/SMK se Gorontalo berhasil masuk dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk kategori bendera merah putih terpanjang, Kamis (23/1/2020).

Bendera merah putih yang dibentangkan mulai dari gerbang Universitas Negeri Gorontalo hingga depan Kantor Pos Kota Gorontalo ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Patriotik 23 Januari 1942 ke-78.

Pembentangan bendera merah putih tersebut menghabiskan 102 gulungan kain, delapan lusin gulungan benang dan empat mesin jahit. Proses penjahitan bendera dilakukan dengan mesin dan jahit tangan oleh delapan pekerja.

Kegiatan ini juga disaksikan langsung oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi Wakil Gubernur Idris Rahim. “Alhamdulillah kreasi dari anak-anak muda terutama ketua dan pengurus KNPI Gorontalo, mulai dari kirab bendera pusaka yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Dan tahun ini beda dari peringatan tahun-tahun sebelumnya, dimana dibentangkan 2301 meter bendera oleh 2301 siswa se Gorontalo,” ungkap Rusli dalam wawancaranya bersama awak media.

Gubernur berharap momentum hari patriotik ini dijadikan sebagai pemacu semangat putra-putri Gorontalo untuk terus melakukan pembangunan di daerah. Kedepan, Rusli ingin agar Gorontalo mencetak rekor lagi dalam hal-hal yang bernilai positif.

“Kalau dulu semangat mereka (pahlawan) bagaimana mengusir penjajah, sekarang kita semangatnya untuk membangun Provinsi Gorontalo,” harapnya.

Terpisah, Senior Manager MURI Yusuf Ngatri menyampaikan dari tahun 2005 hingga 2019, tercatat Gorontalo telah mencetak rekor MURI sebanyak 16 kali. Ia mengharapkan berbagai rekor MURI bisa terus diciptakan oleh Provinsi Gorontalo.

“Museum Rekor Dunia Indonesia menyatakan perentangan bendera merah putih sepanjang 2301 meter oleh 2301 siswa kami nyatakan sebagai rekor dunia,” ucap Yusuf membacakan keputusan MURI.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top