Bupati Kabgor Dukung Pembentukan DOB Kota Telaga - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Bupati Kabgor Dukung Pembentukan DOB Kota Telaga

Republikpos, Limboto – Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus mendukung pembentukan Kota Telaga menjadi Daerah Otonom Baru (DOB). Selain dukungan moril, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo telah mengeluarkan kebijakan hingga tahap pendampingan serta pemberian anggaran melalui APBD Perubahan tahun 2019 lalu.

Selain itu, dukungan lain yang ditunjukkan Bupati Nelson adalah terus menyediakan berbagai Infrastruktur di wilayah telaga Cs sebagai syarat utama menjadi Daerah Otonom Baru. Bupati berharap, pada momentum apel akbar Hari Patriotik dan 20 tahun Provinsi Gorontalo, tanggal 23 Januari 2020 nanti, tim Komite Pembentukan Kota Telaga (KPKT) menghadirkan masyarakat untuk mendeklarasikan Kota telaga sebagai DOB.

“Saya berharap saat apel akbar 23 Januari nanti, tim ini menghadirkan masyarakat dan lewat momentum itu saya akan meminta dukungan dari semua pimpinan daerah, Bupati/Walikota dan Gubernur provinsi Gorontalo serta unsur DPRD,” ujar Bupati Nelson saat menerima audensi tim KPKT, di Rumah Dinas Bupati, Senin (20/1/2020) malam.

Nelson mengungkapkan, pada momentum itu juga bertepatan dengan 20 tahun deklarasi Provinsi Gorontalo yang dihadiri langsung Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang juga putra Gorontalo asal Telaga.

“Kita akan menyuarakan bersama dan meminta dukungan Pak Zainudin Amali terhadap pembentukan DOB Kota Telaga ini,” ungkapnya.

Dirinya beharap panitia terus melangkah dan paling utama sosialisasi kepada masyarakat terus dirancang dengan baik. Kajian dan admnisitrasi pokok-pokok pikiran tentang pembangunan Kota Telaga terus dilakukan. Karena itu, pemerintah terus memberikan dukungan salah satunya dengan percepatan pemekaran Telaga Puncak sehingga Kota Telaga ini menjadi lima wilayah kecamatan.

Sementara itu, Ketua Tim KPKT Weny Liputo menyampaikan apresiasinya terhadap Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo yang terus menghibakan pikiran dan dukungan. Weni mengatakan, arahan dan dukungan Bupati Nelson sangat positif karena orientasi Pak Bupati tak hanya memikirkan wilayah lain di Kabupaten Gorontalo, tapi juga terus memikirkan percepatan ekonomi dan lain–lain untuk pemekaran Kota Telaga dan itu adalah penghargaan kepada tim KPKT agar bisa mandiri dan sejahtera.

“Pak Bupati melihat sejak dulu bahwa Telaga itu terkenal dengan kultur masyarakat yang berbeda. Yakni ada pedagang, atau pebisnis sehingga itu menjadi satu ciri khas yang sangat dibutuhkan untuk menjadi indikator utama untuk mengembangkan kota,” ucap Weni Liputo.

Ditanya soal rencana Deklarasi, mantan Kepala Dikbud Kabupaten Gorontalo itu mengatakan, bahwa deklarasi mengambil momentum roh dan semangat pada saat Gorontalo merdeka dari penjajahan belanda, berdirinya Provinsi Gorontalo tanggal 2 januari 1999.

“Alhamdulillah, itu menjadi harapan beliau, karena menjadi spirit pembentukan Kota Telaga yakni melalui deklarasi yang kita laksanakan tanggal 23 januari tahun 2020 ini,” imbuhnya.

Weni Liputo menjelaskan, bahwa dari data BPS populasi Telaga kurang lebih 91 ribu dan hal tersebut sudah memenuhi syarat dari 4 indikator utama yang menjadi persyaratan berdirinya DOB bahkan batas-batas wilayah sudah jelas serta dari sisi wilayah administratif sudah empat kecamatan, kemudian potensi ekonomi sangat bagus.

“Kami dari komite ini menjadi jaminan kepada rakyat, optimis bahwa Insya Allah dengan dukungan pemerintah Kabupaten Gorontalo dan juga Insya Allah Provinsi, Gubernur dan DPR, dapat mempercepat lahirnya Kota Telaga dan misi kita adalah menuju kemandirian rakyat,” tutur Weni.

Pewarta: Alpian Biga

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top