Bawaslu Kabgor Awasi Rekrutmen Anggota PPK Kecamatan - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Bawaslu Kabgor Awasi Rekrutmen Anggota PPK Kecamatan

Republikpos, Limboto – Badan Pengawas Pemilihan Umum  (Bawaslu) Kabupaten Gorontalo akan awasi tahapan seleksi perekrutan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo. Rencananya, perekrutan tersebut akan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gorontalo pada tanggal 18 sampai 24 Januari 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Kabgor, Wahyudin Akili pada rapat koordinasi KPU Kabupaten Gorontalo dengan instansi terkait, dalam rangka persiapan pembentukan Badan Penyelenggara Adhoc Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo Tahun 2020, Rabu (15/1/2020) kemarin.

“Bawaslu akan mengawasi seluruh penyelenggaraan tahapan Pilkada 2020 termasuk proses rekrutmen PPK. Bawaslu tengah menyiapkan alat kerja pengawasan seleksi PPK agar prosesnya transparan serta KPU mendapatkan penyelenggara adhoc yang berkualitas,” ujar Wahyudin.

Wahyudin juga menyarankan kepada KPU untuk melakukan sosialisasi secara masif dan berkala kepada masyarakat terhadap pembentukan penyelanggara adhoc atau PPK sehingga informasi dapat tersampaikan langsung ke masyarakat.

“Peran lembaga Bawaslu dalam proses rekrutmen PPK bisa berdampak positif terhadap hasil pelaksanaan Pemilhan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo,” ungkapnya.

Wahyudin berharap penyelenggara yang akan dibentuk KPU kedepannya harus berkualitas dan tidak bermasalah serta tidak berafiliasi dengan partai politik.

“Penyelenggara adhoc atau PPK yang akan dibentuk KPU Kabupaten Gorontalo harus berkualitas dan tidak bermasalah berkenaan dengan integritas, netralitas, serta tak terlibat atau berafiliasi dengan partai politik (parpol). Kriteria ini sangat penting terhadap kinerja para PPK dalam menjalankan tugas,” harapnya.

Wahyudin mengungkapkan sejauh ini pihaknya telah menginstruksikan seluruh jajaran pengawas untuk melaksanakan tugas dan fungsi dengan profesional dalam mengawasi seluruh tahapan pilkada 2020.

Rapat Koordinasi yang berlangsung di aula KPU Kabupaten ini, menghadirkan instansi terkait diantaranya Bawaslu, Kepolisian Resort Gorontalo, Kemenag Kabupaten Gorontalo, Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Gorontalo, Dinas Kesehatan, BNN, Kesbangpol Kabupaten Gorontalo, Dinas Pendidikan dan kebudayaan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Gorontalo.

Pewarta: Alfian Biga

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top