Percepat Izin UMKM, Pemda Alokasikan Anggaran di 2020 - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Percepat Izin UMKM, Pemda Alokasikan Anggaran di 2020

Ridwan Yasin (sekda Gorut) saat menghadiri Rapat Koordinasi Bersama pelaku UMKM.

Republikpos, Gorut – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara pada tahun 2020 mendatang berencana mengalokasikan anggaran bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya dalam pengurusan perizinan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Gorut, Ridwan Yasin dalam rapat pembahasan AD-ART asosiasi UMKM Gorut, yang bertempat di Rumah Kreatif Bank Rakyat Indonesia (BRI), Kamis (26/12/2019) kemarin.

“Tadi yang berkembang menurut kami, baru sekilas mengenai Perizinan Pangan Industri Rumahan (PIRT). Dengan perizinan itu maka UMKM itu sangat dengan mudah mendapatkan fasilitas. Tapi itu akan dipertajam setelah membahas AD-ART. Sebab ini akan menjadi landasan hukum mereka dalam menjalankan kegiatan UMKM,” ungkap Ridwan.

Ridwan menyampaikan, tahun depan Pemda akan mengalokasikan anggaran untuk mempercepat perizinan UMKM di Gorut. Sebagai intervensi pemerintah, Sekda juga mengaku siap memperjuangkan bantuan modal bagi UMKM Gorut.  Ridwan meminta Dinas Perindagkop agar segera melaksanakan apa yang menjadi harapan UMKM di Gorut.

“Harus dari sekarang bergerak, sebab kalau tidak kita akan ketinggalan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala cabang Bank BRI Kwandang, Taufik H.Lundengo mengatakan dari pihak bank sendiri sudah melakukan beberapa kegiatan pelatihan UMKM dan juga memberikan pinjaman dalam bentuk modal kepada para pelaku UMKM yang ada di Gorontalo Utara.

“Tadi kami juga sudah memberikan masukan kepada pemerintah daerah, untuk kedepannya jika disetujui ada dana deposit dari pemerintah daerah, khususnya dinas terkait agar pengembangan usaha mikro kecil menengah di Gorut bisa juga didanai melalui dana bantuan dari pemerintah daerah,” harapnya.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top