Gelar Adat Pulanga Untuk Camat Sumalata - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Gelar Adat Pulanga Untuk Camat Sumalata

Hi. Indra Yasin, SH, MH (Bupati Gorontalo Utara) saat prosesi pemberian gelar adat kepada camat sumalata.

Republikpos, Gorut – Bupati Kabupaten Gorontalo Utara, Indra Yasin berharap seluruh camat di Gorut memiliki jiwa disiplin, tegas, sopan, merakyat, serta berkepemimpinan tanpa menyakiti bawahan.

Harapan ini disampaikan Indra Yasin saat menghadiri prosesi pemberian gelar adat kepada Camat Sumalata, Nono Moha, camat kedua yang dipercaya menyandang Gelar adat pulanga oleh Pemangku adat Gorontalo, dimana sebelumnya Asisten II Gorut, Thamrin Yusuf pernah mendapatkan gelar adat yang sama saat menjabat sebagai Camat Sumalata, Sabtu (21/12/2019) lalu.

Bupati meminta agar penyelenggaraan pemerintahan di Gorut selalu dibarengi dengan solidaritas baik antara pemerintah daerah, kecamatan, desa, kelembagan serta para tokoh-tokoh agama, pemangku adat, hingga tokoh masyarakat.

“Lebih dari itu pemberian gelar adat pulanga ini tentunya merupakan sebuah penghargaan bagi pemimpin yang harus dilaksanakan dengan amanah dan penuh tanggung jawab. Pemberian gelar adat ini adalah pagar bagi seorang pemimpin agar tidak berlaku semena-mena, memiliki moral dan berahlak yang baik,” ujar bupati.

Dengan diberikannya gelar adat ini, camat Sumalata juga diharapkan lebih memiliki kegemaran pada budaya, sejarah, lingkungan dan lebih dekat dengan masyarakat.

“Berbicara mengenai gelar adat di Gorontalo tentunya tidak terlepas dari sejarah dan adat istiadat masyarakat Gorontalo, dimana camat merupakan pemimpin yang berada di daerahnya, sehingga pemberian gelar adat bagi seorang camat dipandang penting untuk dilakukan,” tutur Indra.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top